Begini Ciri-ciri Luka Diabetes dan Cara Merawatnya

ADVERTISEMENT

Begini Ciri-ciri Luka Diabetes dan Cara Merawatnya

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Sabtu, 26 Nov 2022 16:45 WIB
Ilustrasi Diabetes
Foto: shutterstock
Jakarta -

Diabetes adalah salah satu penyakit yang kerap dialami oleh kaum lansia. Salah satu penyebabnya ialah kadar gula darah yang tidak terkontrol.

Selain itu diabetes kerap ditandai dengan munculnya luka pada bagian tubuh, misalnya di kaki. Umumnya, terdapat dua tipe luka diabetes yakni basah dan kering.

Bagi pengidap diabetes, luka pada bagian tubuh umumnya disebabkan oleh gesekan atau luka kecil yang tidak disadari (tidak berasa).

dr Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS, dokter spesialis perawatan luka diabetes di Rumah Sakit Mandaya Puri mengatakan bahwa rata-rata pengidap diabetes memiliki luka di bagian kaki. Hal ini terjadi akibat kerusakan saraf.

"Sering kali pengidap diabetes itu punya kebiasaan buruk, yakni nggak nge-cek kebersihan kakinya habis mandi. Tiba-tiba ada luka aja, ntah terkena gesekan pintu atau tiba-tiba berdarah," ujarnya saat ditemui detikcom di kawasan Kelapa Gading, Sabtu (26/11/2022).

Lantas, Bagaimana Ciri-ciri Luka Diabetes?

Diabetes basah

  • Terjadi luka pada bagian tubuh yang cenderung basah. Basahnya luka terjadi karena proses infeksi di dalam jaringan (tubuh yang luka) hingga menimbulkan nanah.
  • Bagi pengidap diabetes dengan luka basah, biasanya tidak merasakan apa-apa (lukanya tidak terasa sakit).

Diabetes kering

  • Luka pada bagian tubuh cenderung kering. Biasanya ditandai dengan perubahan warna kulit yang luka, seperti ada warna hitam di dalam kulit tersebut.
  • Bagi pengidap diabetes dengan luka kering, mereka akan mengalami sakit yang luar biasa. Hal ini terjadi karena pembuluh darah yang mampet.

"Setiap orang keluhannya berbeda ya, penanganannya juga nanti beda. Ada baiknya sadari sejak dini kalau punya diabetes ya periksa dan kontrol gula darah," tambah dr Adi.

Cara merawat luka diabetes bisa disimak di laman selanjutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT