Disinggung Jokowi, Benarkah Rambut Putih Gegara Banyak Mikir?

ADVERTISEMENT

Disinggung Jokowi, Benarkah Rambut Putih Gegara Banyak Mikir?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 27 Nov 2022 06:17 WIB
Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal pemimpin memikirkan rakyat rambutnya putih merupakan bentuk dukungan Jokowi kepada Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.
Jokowi menyebut rambut putih dan wajah berkerut sebagai ciri pemimpin yang memikirkan rakyat (Foto: Kenny Gida)
Jakarta -

Rambut putih alias uban mendadak banyak diperbincangkan. Dalam pidatonya di hadapan relawan, Presiden Joko Widodo menyebutnya sebagai salah satu ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

"Pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya, kelihatan dari penampilannya, itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat," kata Jokowi, Sabtu (26/11/2022).

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada," lanjutnya.

Sejumlah pakar mengaitkan ciri-ciri ini sebagai sinyal endorsement terhadap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Diketahui, Ganjar memiliki rambut putih yang menjadi ciri khasnya.

Faktanya, rambut yang memutih adalah kondisi normal yang dialami siapa saja seiring bertambahnya usia. Bedanya, beberapa orang mengalaminya di usia yang lebih muda karena beberapa faktor.

Warna rambut pada dasarnya berasal dari pigmen yang disebut melanin, diproduksi oleh folikel rambut. Sebagai bagian dari proses penuaan, folikel tersebut makin kekurangan melanin sehingga rambut kehilangan warnanya.

Beberapa faktor yang menyebabkan rambut putih lebih cepat adalah sebagai berikut, dirangkum dari Healthline.

1. Genetik

Jika ada orang tua atau kerabat punya riwayat rambut memutih, besar kemungkinan seseorang punya risiko lebih besar untuk mengalami rambut memutih lebih cepat.

2. Stres

Sebuah studi tahun 2013 menemukan hubungan antara stres dengan kinerja folikel rambut pada tikus. Para ilmuwan meyakini, temuan ini menjelaskan kenapa banyak pemimpin dunia memiliki rambut putih.

3. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun bisa membuat rambut memutih lebih awal, karean sistem imun tubuh menyerang sel-selnya sendiri. Bahkan bukan cuma rambut memutih, rambut rontok hingga memicu kebotakan alopecia juga bisa terjadi karena sistem imun menyerang folikel rambut.



Simak Video "Jokowi Puji Bio Farma: Nggak Pernah Bersuara, Tahu-tahu Jadi Indovac"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT