5 Minuman Penurun Asam Urat Termasuk Kopi, Dijamin Nggak Lagi Kumat

ADVERTISEMENT

5 Minuman Penurun Asam Urat Termasuk Kopi, Dijamin Nggak Lagi Kumat

Fadilla Namira - detikHealth
Senin, 28 Nov 2022 06:13 WIB
Womans leg hurts, pain in the foot, massage of female feet at home
Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Penumpukan asam urat terjadi karena tubuh menghasilkan banyak zat purin dari asupan makanan harian. Hal ini kian diperparah jika fungsi ginjal menurun dan volume urine berkurang.

Lambat laun, kondisi tersebut akan membentuk kristal di jaringan sendi ataupun ginjal. Jika sudah begitu, seseorang terancam mengalami komplikasi penyakit fatal, seperti batu ginjal dan radang sendi.

Penyebab utama kadar asam urat naik adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin, misalnya daging merah, ikan laut, dan alkohol. Meski terdengar sederhana, nyatanya masih banyak orang abai terhadap hal ini.

Normalnya, kadar asam urat pada pria dewasa berjumlah 3,4-7,0 mg/dL dan wanita berkisar 2,4-6,0 mg/dL. Jadi, bila kedapatan kadar asam urat melebih batas aman segera laporkan ke dokter atau lakukan penanganan mandiri di rumah.

Minuman Penurun Asam Urat

Masyarakat bisa mencoba rekomendasi minuman alami penurun asam urat berikut ini dikutip dari Times of India:

1. Jus Timun

Selain rasanya yang segar, timun berfungsi sebagai detoksifikasi organ-organ vital manusia dan mengurangi kadar asam urat dalam darah. Dikarenakan kandungan potasium dan fosfor yang tinggi, timun dipercaya bisa meningkatkan fungsi ginjal karena membantu membuang racun di dalam tubuh.

2. Jus Wortel

Jus wortel dapat membantu menstabilkan kadar asam urat. Hal ini dikarenakan wortel mempunyai sederet nutrisi penting berupa zat antioksidan, vitamin A, serat, dan beta karoten. Kandungan mineralnya yang tinggi juga berguna mengurangi kerusakan organ akibat penyakit asam urat.

3. Jus lemon

Sama halnya dengan wortel, air lemon pun mempunyai banyak zat antioksidan dan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meregenerasi sel secara alami. Dikutip dari Healthsite, vitamin C diketahui bisa menetralkan kadar asam urat dalam tubuh.

4. Teh

Dari beragam jenis teh, teh hijau dan teh jahe merupakan jenis yang paling bagus untuk meredakan asam urat tinggi. Sebab, teh hijau mengandung antioksidan dan senyawa bioaktif guna mengurai penumpukan asam urat hanya dalam beberapa hari.

Sementara itu, teh jahe bersifat antiinflamasi dan antiseptik sehingga dapat menyembuhkan peradangan atau nyeri sendi secara alami.

5. Kopi

Kopi yang dianjurkan di sini adalah kopi murni tanpa gula. Studi yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology pada 2007, menyebut orang yang meminum empat sampai lima cangkir kopi sehari bisa menurunkan asam urat hingga 40 persen.

Sebab, kopi mengandung asam klorogenat yang dapat menjaga kadar asam urat berada pada batas aman. Jika dirasa terlalu pahit, minuman ini bisa ditambahkan dengan susu rendah lemak.

Namun perlu diketahui, konsumsi terlalu banyak kafein bisa menyebabkan seseorang sakit kepala, susah tidur, dan jantung berdebar. Oleh karenanya, konsultasikan lebih dahulu dengan dokter.

Di antara kelima minuman tersebut, mana yang jadi pilihan favorit? Jangan lupa lakukan budaya hidup sehat dengan olahraga dan minum air putih yang cukup secara rutin setiap harinya.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT