Melahirkan di Usia 40 Seperti Son Ye Jin, Apa yang Harus Dipersiapkan?

ADVERTISEMENT

Melahirkan di Usia 40 Seperti Son Ye Jin, Apa yang Harus Dipersiapkan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Senin, 28 Nov 2022 11:18 WIB
Momen pernikahan Hyun Bin dan Son Ye Jin.
Foto: Dok. Instagram/@vast.ent
Jakarta -

Pasangan Son Ye Jin dan Hyun Bin dikaruniai anak pertamanya. Bayi mereka disebut lahir lebih awal dari perhitungan semula.

"Son Ye-jin melahirkan seorang putra hari ini. Baik ibu dan anak dalam keadaan sehat," tulis agensi, dikutip dari Channel News Asia.

Melahirkan di usia 40 tahun seperti Son Ye Jin bukan perkara mudah. Ada beberapa alasan wanita menunda hamil sampai usia 40, mulai dari masalah kesuburan sampai karir.

Dikutip dari Healtline, secara statistik lebih sulit untuk hamil setelah usia 40 tahun, kehamilan itu sendiri juga bisa lebih menantang seiring bertambahnya usia.

Anda mungkin mengalami lebih banyak rasa sakit dan nyeri karena persendian dan tulang yang sudah mulai kehilangan massa seiring bertambahnya usia. Anda juga mungkin lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional. Kelelahan terkait kehamilan mungkin lebih terasa seiring bertambahnya usia.

Apakah kehamilan di usia 40 berisiko tinggi?

Karena sudah ada kemajuan teknologi seputar kesuburan, kehamilan, dan persalinan, kehamilan dengan aman dapat dilakukan pada usia 40 tahun. Namun, setiap kehamilan setelah usia 40 tahun dianggap berisiko tinggi. Dokter Anda akan memantau Anda dan bayi dengan cermat untuk hal-hal berikut:

  • tekanan darah tinggi - hal ini dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan yang disebut preeklampsia
  • diabetes gestasional
  • cacat lahir, seperti sindrom Down
  • keguguran
  • berat badan lahir rendah
  • kehamilan ektopik, yang terkadang terjadi dengan fertilisasi in vitro (IVF)

Persalinan pervaginam mungkin lebih kecil kemungkinannya setelah usia 40 tahun. Hal ini terutama disebabkan oleh perawatan kesuburan yang dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur. Anda juga mungkin mengalami peningkatan risiko preeklampsia, yang mungkin memerlukan operasi caesar untuk menyelamatkan ibu dan bayinya.



Simak Video "99% Warga RI Kebal Covid-19, Kemenkes: Kuncinya Kelengkapan Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT