8 Makanan Pantangan Kolesterol yang Wajib Dihindari

ADVERTISEMENT

8 Makanan Pantangan Kolesterol yang Wajib Dihindari

Fadilla Namira - detikHealth
Senin, 28 Nov 2022 17:25 WIB
Ilustrasi Kolesterol
Makanan pantangan kolesterol (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Kadar kolesterol yang melampaui batas aman bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, khususnya penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, ada sejumlah makanan pantangan kolesterol yang seharusnya dihindari.

Kolesterol terbagi jadi dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL).

LDL bekerja dengan cara menumpuk kolesterol di pembuluh darah sehingga dampaknya nanti memicu komplikasi serius. Itulah mengapa ia disebut kolesterol 'jahat', sedangkan HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar menuju liver (hati).

Normalnya, jumlah kolesterol total harian manusia tidak lebih dari 200 mg/dL. Tubuh tidak akan terpengaruh secara mendadak jika batas tersebut dilanggar. Namun jika hal tersebut dibiarkan dalam jangka panjang, penyakit yang ditimbulkannya tidak main-main, misalnya stroke, diabetes, hipertensi, serangan jantung, dan penyumbatan pada arteri perifer.

Makanan Pantangan Kolesterol

Untuk mengetahui kadar kolesterol, masyarakat bisa melakukan tes darah di layanan medis terdekat. Jika kedapatan nilainya tinggi, segera lakukan pencegahan dini dengan menghindari makanan berikut ini dikutip dari Healthline:

1. Gorengan

Jika membahas larangan makanan bagi pengidap kolesterol tinggi, gorengan tentunya berada diurutan pertama. Sebab, gorengan mengandung kalori dan lemak trans yang tinggi sehingga meningkatkan LDL dan berimbas pada risiko penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

2. Cepat Saji

Penelitian pada 2015 menyebut orang yang sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung memiliki kolesterol dan lemak yang tinggi. Pun penyuka makanan ini berpotensi mengalami peradangan dan gangguan regulasi gula darah.

3. Daging Olahan

Sosis, bakso, nugget, kornet, dan daging olahan lainnya merupakan makanan berpengawet tinggi sehingga harus dibatasi asupannya. Jika tidak, seseorang memiliki peluang 42 persen terkena penyakit jantung yang dibuktikan pada sebuah studi di tahun 2017. Hal ini juga dikaitkan dengan pemicu kanker tertentu, seperti kanker usus.

4. Makanan Manis

Kandungan kolesterol tinggi tidak hanya terdapat pada makanan pedas dan gurih saja, namun makanan manis juga, seperti, kue, es krim, dan kukis. Terlebih, nutrisinya kerap kali tidak seimbang antara gula dengan vitamin yang diperlukan tubuh.

5. Kuning Telur

Meski tinggi protein, kuning telur dianggap sebagai salah satu sumber kolesterol jahat. Satu butir telur mengandung sekitar 186 mg kolesterol. Angka tersebut sudah mencukupi lebih dari setengah asupan harian maksimum yang direkomendasikan. Bayangkan berapa banyak kolesterol yang diserap jika seseorang memakan dua butir telur?

6. Jeroan

Walaupun sering dipilih sebagai menu diet, jeroan atau organ dalam daging hewan tergolong makanan tinggi LDL. Diketahui, 85 gram hati sapi mengandung 333 mg kolesterol.

7. Popcorn

Sebenarnya, popcorn tidak berbahaya bagi pengidap kolesterol tinggi jika tidak dicampur dengan mentega dan karamel. Sebab, kedua bahan tambahan tersebut akan meningkatkan proporsi kolesterol dan gula.

8. Udang

Meski makanan rendah lemak, udang ternyata tinggi kolesterol. Dalam 113 gram setara dengan 170 mg kolesterol. Jadi, ada baiknya porsi hidangan laut ini dikurangi.

Makanan pantangan kolesterol mungkin agak sulit untuk dihindari oleh sebagian orang. Namun, demi menjaga kesehatan tubuh, mulai dari sekarang kurangilah porsinya dan seimbangi dengan diet rendah lemak serta olahraga rutin.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT