Sekeluarga di Magelang Tewas Diracun Arsenik, Apa Itu?

ADVERTISEMENT

Sekeluarga di Magelang Tewas Diracun Arsenik, Apa Itu?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selasa, 29 Nov 2022 12:31 WIB
Jakarta -

Satu keluarga di Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ditemukan tewas dibunuh dengan cara diracun. Disebutkan racun yang dipakai untuk membunuh adalah arsenik.

Yang berhasil kami identifikasi berdasarkan hasil autopsi dan sisa barang bukti yang ada di TKP. Jenisnya arsen, semacam arsen," kata Plt Kapolresta Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, dilansir dari detikJateng, Selasa (29/11/2022).

Arsenik adalah jenis karsinogen yang berwarna abu-abu, perak, atau putih. Arsenik sangat beracun bagi manusia.

Hal yang membuat arsenik sangat berbahaya adalah ia tidak memiliki rasa atau bau sehingga korban yang terpapar tidak menyadarinya. Racun arsenik adalah arsenik buatan atau disebut juga arsenik anorganik, yang umumnya digunakan untuk keperluan pertambangan, termasuk tambang batu bara dan peleburan tembaga.

Dikutip dari Healthline, racun arsenik yang masuk ke dalam tubuh akan menimbulkan dampak berbeda-beda, tergantung dosis dan jangka waktu paparannya. Paparan arsenik dalam kadar rendah mungkin tidak menimbulkan dampak kesehatan namun bila dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat terjadi keracunan bahkan kematian.

Selanjutnya: gejala keracunan arsenik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT