Ada Jejak Ritual di Kematian Keluarga Kalideres, Psikiater Singgung soal Waham

ADVERTISEMENT

Ada Jejak Ritual di Kematian Keluarga Kalideres, Psikiater Singgung soal Waham

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 01 Des 2022 12:31 WIB
Misteri kematian keluarga Kalideres terbaru
Kematian keluarga di Kalideres muncul jejak yang berkaitan dengan ritual. (Foto: (Rumondang Naibaho/detikcom))
Jakarta -

Terungkap jejak baru kematian jasad sekeluarga mengering di Kalideres, Jakarta Barat. Polisi menemukan keluarga tersebut melakukan ritual hingga mantra-mantra.

"Ditemukan juga buku-buku lintas agama serta mantra dan kemenyan," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi, Rabu (30/11/2022).

"(Mantra ditemukan) di kain, ada beberapa. Diduga mantra," sambungnya.

Pihak kepolisian belum menyimpulkan penyebab pasti kematian sekeluarga tersebut. Belakangan, polisi juga mengklarifikasi penyebab meninggalnya keluarga tersebut bukan karena kelaparan.

Kini polisi tengah menelusuri lebih lanjut kecenderungan ritual tertentu yang mungkin menjadi motif kematian keluarga Kalideres.

Psikiater dr Lahargo Kembaren dari RSJ Marzoeki Mahdi Bogor beberapa waktu lalu sempat menyinggung kemungkinan halusinasi dan waham. Waham diartikan saat seseorang memiliki keyakinan yang salah.

"Waham atau delusi adalah keyakinan hingga persepsi yang salah. Bisa dipicu karena gangguan depresi," terang dia kepada detikcom, ditulis Kamis (1/12/2022).

"Bisa juga karena gangguan psikotik. Penyebab dari gangguan psikotik adalah adanya gangguan keseimbangan zat kimia di dalam saraf otak. Gangguan keseimbangan ini bisa terjadi bila ada kelelahan fisik dan psikis disertai kapasitas yang mental kurang baik," sambung dia.

Jika menemukan teman dan keluarga terdekat yang mengalami gangguan tersebut, dr Lahargo menyarankan untuk menyediakan waktu menemani mereka. Memberikan perhatian hingga membawa langsung ke profesional agar tidak berlarut-larut.



Simak Video "Punya Efek Berbahaya, Ini Tips Aman Bermain Lato-Lato untuk Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT