Siasat Menkes Agar BPJS Kesehatan Tak Lagi Tekor

ADVERTISEMENT

Siasat Menkes Agar BPJS Kesehatan Tak Lagi Tekor

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sabtu, 03 Des 2022 07:00 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut akan memfokuskan anggaran kesehatan 2023 untuk peningkatan pelayanan. Hal ini menjadi salah satu siasat agar pengeluaran BPJS Kesehatan tak membengkak.

Prioritas pertama pada Program yang sifatnya promotif preventif seperti revitalisasi puskesmas, posyandu. Salah satu prioritas Kemenkes yaitu menjaga agar masyarakat kita tetap sehat bukan mengobati orang sakit, lanjut Menkes.

"khususnya ke penyakit yang burden of diseasenya yang menyebabkan kematian dan biaya paling tinggi, yaitu jantung stroke, dan kanker." ujar Menkes dalam keterangan resminya dikutip Jumat (2/12/2022).

Selanjutnya yakni restrukturisasi rumah sakit di seluruh indonesia dengan bersinergi dengan pemerintah daerah, dan institusi lain yang memiliki pelayanan rumah sakit seperti TNI dan POLRI. Selain itu Menkes akan mempercepat proses rekrutmen dokter spesialis untuk mengisi kekosongan yang saat ini dialami oleh banyak rumah sakit.

Pihaknya juga akan memperbaiki sistem pembiayaan kesehatan untuk menjamin pembiayaan kesehatan yang tersedia, cukup, berkelanjutan, dan dengan alokasi yang adil, termasuk juga Pembiayan PBI JKN.

"Kita lakukan integrasi dengan kementerian/lembaga lain. Contohnya posyandu, kita duduk dengan kemendagri dan Kemendes, agar revitalisasi posyandu khususnya untuk memberikan layanan kesehatan ke masyarakat tidak semuanya anggarannya dari kita, tapi diintegrasikan dengan anggaran kementerian desa, dalam negeri dalam bentuk APBD, APBS" jelas Menkes.



Simak Video "Tak Lagi soal Penanganan Pandemi, Ini 5 Program Prioritas Menkes Budi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT