Kesehatan Putin Lagi-lagi Disorot! Dikabarkan Jatuh dari Tangga, Ini Kondisinya

ADVERTISEMENT

Kesehatan Putin Lagi-lagi Disorot! Dikabarkan Jatuh dari Tangga, Ini Kondisinya

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 03 Des 2022 12:00 WIB
Russian President Vladimir Putin gestures while speaking at the plenary session of the 19th annual meeting of the Valdai International Discussion Club outside Moscow, Russia, Thursday, Oct. 27, 2022. (Sergei Karpukhin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Kondisi kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi sorotan publik. Foto: Sergei Karpukhin, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP
Jakarta -

Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan jatuh dari tangga di kediaman resminya di Moskow pada Rabu malam (30/11/2022). Peristiwa ini menjadi sorotan publik mengingat sebelumnya, beredar spekulasi bahwa kesehatan Putin merosot imbas sakit keras.

Putin juga diduga sempat jatuh sebanyak lima kali sebelum mendarat di tulang ekornya. Dikutip dari New York Post peristiwa ini dikabarkan melalui saluran Telegram 'General SVR' yang disebut dijalankan oleh mantan mata-mata Rusia.

"Tiga pengawal membantu presiden sampai ke sofa terdekat dan memanggil petugas medis yang bertugas di kediaman," kata Jenderal SVR dikutip dari New York Post.

"Tidak ada yang kritis (didiagnosis), kondisi presiden mendekati malam hari stabil, dia bisa berkeliling sendiri dengan rasa sakit di daerah tulang ekor saat duduk menjadi satu-satunya hal yang mengganggunya," lanjut dia.

Menurut saluran tersebut, walau para penjaga keamanan segera membantu, jatuh menyebabkan Putin buang air besar tanpa sengaja karena adanya kanker yang memengaruhi perut dan ususnya.

Insiden itu diduga menjadi masalah kesehatan baru bagi putin yang sempat dikabarkan menderita kanker dan Parkinson. Meski begitu, Putin tampaknya bisa mengatasi cederanya karena kurang dari satu hari pasca kejadian ia dikabarkan mengunjungi laboratorium di Moskow.

Spekulasi mengenai kesehatan Putin yang menurun sudah terdengar sejak Februari lalu. Sebelumnya, pada Oktober muncul kabar presiden Rusia itu sempat menerima infus di tangannya.

"Onkologi Putin sedang berkembang dan, meskipun pengobatan yang memadai akhir-akhir ini, rasa sakitnya tidak selalu hilang sepenuhnya," klaim Jenderal SVR di saluran telegramnya.

"Harus dipahami bahwa kondisi kesehatan fisik dan mental presiden yang menyedihkan memengaruhi pengambilan keputusan penting. Putin tidak ingin mengubah sejarah, dia ingin mengakhirinya," pungkasnya.



Simak Video "Kesehatan Putin Disorot Lagi Gegara Batuk-batuk Sebelum Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(Alethea Pricila/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT