Kamu Bertanya-tanya Sunat Model Apa yang Paling Hits? Salah, Bukan Jengger Ayam

ADVERTISEMENT

Kamu Bertanya-tanya Sunat Model Apa yang Paling Hits? Salah, Bukan Jengger Ayam

Hana Nushratu - detikHealth
Minggu, 04 Des 2022 14:19 WIB
Sunat jengger ayam yang sudah tidak ngetren lagi.
Sunat 'jengger ayam' yang sudah tidak ngetren lagi. (Foto: Getty Images/Raatzie)
Jakarta -

Seperti model rambut, potongan sunat juga bisa di-request sesuai keinginan pelanggan. Beberapa tahun yang lalu, beberapa tren sunat seperti 'jengger ayam' atau 'bunga' sempat ngehits pada zamannya. Saat itu, orang-orang berlomba-lomba untuk membentuk alat vital mereka agar lebih enak dilihat.

Model 'jengger ayam' merupakan model yang memotong sedikit kulit penis (kulup), kemudian disisakan kulit bagian bawahnya sehingga bentuknya menyerupai jengger ayam. Sementara model 'bunga' merupakan model yang pola jahitannya dibuat kuat di bagian tertentu dan longgar di bagian lainnya. Namun, Ketua Umum Asosiasi Dokter Khitan Indonesia (ASDOKI) dr Darsono menganggap tren tersebut sudah kuno.

"(Model) 'jengger ayam' itu masa trendingnya mungkin di zaman 'old'," ujar Darsono ditemui di Berani Sunat Center (BSC), Serpong Utara, Tangerang
Selatan, Jumat (02/12/2022).

Darsono menuturkan, model sunat yang diminati saat ini adalah model sunat yang rapi dan estetik yang sesuai prosedur. Darsono mengatakan, dokter-dokter yang tergabung dalam ASDOKI justru lebih banyak menghadapi pasien yang ingin merapikan hasil sunat variasi seperti jengger ayam.

"Setelah mereka (pasien) beranjak dewasa, (kemudian) menikah. Itu rata-rata mereka perbaiki (potongan 'jengger ayam')," kata Darsono.

"Jadi, saat ini masyarakat Indonesia sekarang sudah teredukasi, sunat 'zaman now' (adalah) sunat yang memang bukan sekadar memotong," kata Darsono.

"Jadi itu bukti nyata bahwa yang (model) jengger ayam, yang bunga matahari, itu sudah tidak diminati lagi," bebernya.

NEXT: Model sunat modifikasi tidak disarankan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT