Lagi! Ilmuwan Tuding COVID-19 Buatan Manusia, Bocor dari Lab Wuhan

ADVERTISEMENT

Lagi! Ilmuwan Tuding COVID-19 Buatan Manusia, Bocor dari Lab Wuhan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 05 Des 2022 06:27 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Asal-usul COVID-19 masih menjadi misteri tak terpecahkan (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Asal usul COVID-19 masih menjadi misteri hingga saat ini. Namun sejumlah pihak makin meyakini bahwa SARS-CoV-2 yang memicunya bocor dari laboratorium di Wuhan.

Tudingan ini antara lain dilontarkan oleh Andrew Huff, mantan wakil presiden EcoHealth Alliance yang pernah bekerja dekat dengan laboratorium di Wuhan, China. Ia bahkan menyebut COVID-19 sebagai kegagalan intelijen terbesar Amerika Serikat setelah 9/11.

Huff yang merupakan ahli epidemiologi dalam buku terbarunya 'The Truth About Wuhan', menyebut pandemi COVID-19 merupakan buah dari pendanaan pemerintah AS terkait virus Corona di China.

Lemahnya keamanan di Wuhan Institute of Virology disebutnya memicu kebocoran virus dari fasilitas tersebut.

"Laboratorium asing tidak punya kontrol yang cukup untuk memastikan biosafety yang tepat, biosecurity, dan manajemen risiko, yang akhirnya menyebabkan kebocoran di Wuhan Institute of Virology," paparnya seperti dikutip dari NY Post.

Selama lebih dari 2 tahun, asal usul virus penyebab COVID-19 telah menjadi perdebatan yang tidak berujung. Tudingan virus bocor dari laboratorium berulang kali dibantah baik oleh China maupun laboratorium yang bersangkutan.

Meski demikian, banyak ilmuwan meyakini bahwa virus SARS-CoV-2 berasal dari laboratorium. Kebocoran bisa berasal dari ilmuwan yang terinfeksi, pemusnahan limbah yang tidak tepat, atau bisa juga ada pelanggaran keamanan di fasilitas tersebut.



Simak Video "Update Perkembangan Kasus Covid-19 Jelang Akhir Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT