Muncul Kabar Putin Jatuh hingga BAB Tanpa Sadar, gegara Kanker di Perut?

ADVERTISEMENT

Muncul Kabar Putin Jatuh hingga BAB Tanpa Sadar, gegara Kanker di Perut?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Senin, 05 Des 2022 10:02 WIB
Russian President Vladimir Putin greets people after his speech at the concert marking the eighth anniversary of the referendum on the state status of Crimea and Sevastopol and its reunification with Russia, in Moscow, Russia, Friday, March 18, 2022. (Ramil Sitdikov/Sputnik Pool Photo via AP)
Presiden Rusia Vladimir Putin. Foto: AP/Ramil Sitdikov
Jakarta -

Semenjak Rusia meluncurkan invasi ke Ukraina pada akhir Februari 2022, beredar spekulasi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tengah mengidap penyakit keras yakni kanker dan parkinson. Seiring kondisi kesehatannya yang terus menjadi sorotan publik, baru-baru ini muncul laporan Putin jatuh di tangga dalam posisi mengenai tulang ekor.

Desas-desus tersebut diunggah oleh saluran Telegram Jenderal SVR. Disebutkannya, Putin jatuh lima langkah di tangga dan mendarat tepat di posisi tulang ekor. Akibat jatuh tersebut, Putin disebut sempat buang air besar tanpa sadar lantaran memiliki kanker di area usus dan perut.

"Tiga pengawal membantu presiden sampai ke sofa terdekat dan memanggil petugas medis yang bertugas di kediaman," kata Jenderal SVR dalam laporan New York Post, dikutip dari Sky News, Senin (5/12/2022).

"Tidak ada (diagnosis) yang kritis, kondisi presiden mendekati malam hari stabil, dia bisa berkeliling sendiri, dengan rasa sakit di daerah tulang ekor saat duduk menjadi satu-satunya hal yang mengganggunya," sambungnya.

Jenderal SVR telah berulang kali menggembar-gemborkan klaim bahwa Putin sakit keras. Dikutip dari Newsweek, SVR dioperasikan oleh mantan pejabat Badan Intelijen Luar Negeri Rusia dengan akses orang dalam ke Putin dan stafnya. Namun hingga kini, pemilik saluran tersebut belum disebutkan namanya.

Pada Mei lalu, Jenderal SVR mengunggah informasi di Telegram yang menyebut, Putin telah menjalani operasi dengan dugaan diagnosis kanker. Menyusul itu, Putin dan kepemimpinannya menyebut bahwa sang presiden tidak sakit.

Setelahnya, sempat juga beredar foto Putin memiliki bekas infus di area tangan saat mencengkram lengan tentara Rusia. Kemudian, publik juga sempat menyoroti video kaki Putin tampak gemetar saat rapat.



Simak Video "Kesehatan Putin Disorot Lagi Gegara Batuk-batuk Sebelum Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT