Dialami Anak Zaskia Adya Mecca, Pneumonia Bisa Sefatal Ini

ADVERTISEMENT

Dialami Anak Zaskia Adya Mecca, Pneumonia Bisa Sefatal Ini

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 06 Des 2022 09:30 WIB
Zaskia Adya Mecca
Zaskia Adya Mecca. Foto: detikhealth/ Suci Risanti Rahmadania
Jakarta -

Selebritis Zaskia Adya Mecca baru-baru ini menjelaskan kronologi putranya, Bhai Kaba Bramantyo, mengidap pneumonia dan menjalani perawatan di rumah sakit selama seminggu. Zaskia mengaku, awalnya sang putra hanya mengeluhkan gejala mirip batuk-pilek biasa.

"Yang aku pikir sakit tuh nggak terlalu berat, setelah seminggu bisa sekolah. Ternyata selama dua minggu dia nggak bisa sekolah," beber Zaskia saat ditemui detikcom di Jakarta Selatan, Jumat (2/12/2022).

Saat muncul gejala awal, Zaskia segera memberikan pertolongan pertama berupa terapi uap. Namun kondisi Kaba terus menurun hingga saturasi oksigennya menurun mencapai angka 86.

"Jadi Kaba itu kan anak asma, terus awalnya aku pikir batuk-pilek biasa, asma, terus aku kasih uap," ungkapnya.

"Ya nggak bisa napas lah, saturasi orang normal 97 ke atas, dia 86 itu sudah sesak. Kita aja turun ke 93 atau di bawah 95 susah banget napas," ujar Zaskia lebih lanjut.

Melihat kondisi tersebut, Zaskia segera memboyong anaknya ke rumah sakit. Mengacu pada hasil rontgen, barulah ditemukan bahwa Kaba mengidap pneumonia.

Pneumonia pada Anak, Seberapa Sering Terjadi?

Mengacu pada laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pneumonia adalah infeksi pernapasan akut yang mempengaruhi paru-paru. Paru-paru terdiri dari kantung kecil yang disebut alveoli, yang terisi udara saat orang sehat bernapas. Jika seseorang terkena pneumonia, alveoli akan berisi nanah dan cairan sehingga pernapasan terasa sakit dan asupan oksigen terbatas.

Pneumonia adalah penyebab infeksi tunggal terbesar kematian pada anak-anak di seluruh dunia. Pneumonia membunuh 740.180 anak di bawah usia 5 tahun pada tahun 2019, terhitung 14 persen dari semua kematian anak di bawah 5 tahun tetapi 22 persen dari semua kematian pada anak usia 1 hingga 5 tahun.

Pneumonia dapat menular melalui beberapa cara. Virus dan bakteri yang biasa terdapat pada hidung atau tenggorokan anak dapat menginfeksi paru-paru jika terhirup. Mereka juga dapat menyebar melalui tetesan udara dari batuk atau bersin.

Selain itu, pneumonia dapat menyebar melalui darah, terutama selama kehamilan dan segera setelah lahir.



Simak Video "Anaknya Sakit Radang Paru, Zaskia Mecca Ingatkan Pentingnya Vaksin PCV"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT