Apakah Buah Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol? Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

Apakah Buah Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol? Ini Faktanya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 06 Des 2022 15:45 WIB
Ilustrasi nanas
Apakah nanas bisa menurunkan kolesterol tinggi? (Foto: Getty Images/iStockphoto/ASMR)
Jakarta -

Apakah buah nanas bisa menurunkan kolesterol tinggi di dalam tubuh? Jawaban dari pertanyaan ini kerap kali dicari oleh banyak orang lantaran nanas merupakan salah satu buah favorit di Indonesia.

Selain rasanya yang manis, buah nanas juga dikenal sebagai salah satu buah yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Di samping harganya yang terjangkau, nanas ini juga bisa dikonsumsi langsung atau ditambahkan dalam menu masakan lainnya.

Di samping itu, kolesterol sendiri merupakan senyawa berupa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh. Adapun kolesterol dalam tubuh berasal dari dua sumber, yaitu makanan dan hati.

Meski pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk menjalankan beberapa fungsi tubuh, namun kolesterol dan trigliserida (lemak) yang tinggi di dalam tubuh dapat menyumbat pembuluh darah. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, hingga serangan jantung.

Apakah Buah Nanas Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi?

Menurut laman Heart UK, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Contoh makanan yang bisa menurunkan kolesterol adalah makanan yang mengandung lemak tidak jenuh, seperti kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan termasuk nanas.

Nanas kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi. Kandungan bromelain dalam nanas membuatnya sangat baik dalam membantu pencernaan protein, serta mencegah lemak dan protein berlebih di dalam darah.

The "Whole Foods Encyclopedia" melaporkan bahwa bromelain yang ditemukan dalam nanas, juga bisa mengurangi pembekuan darah yang berlebihan akibat penyumbatan arteri dan sirkulasi darah yang lambat akibat kolesterol tinggi.

Selain itu, nanas juga kaya akan vitamin C dan manfaatnya berasal dari sifat antioksidannya. Mereka bermanfaat dalam melawan radikal bebas yang merusak yang mendorong penumpukan plak yang menyebabkan aterosklerosis dan penyakit jantung diabetes.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT