Jangan Sembarangan, Ini Pantangan Obat Simvastatin Sebelum Dikonsumsi

ADVERTISEMENT

Jangan Sembarangan, Ini Pantangan Obat Simvastatin Sebelum Dikonsumsi

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 07 Des 2022 10:01 WIB
Close-up red and black Medicine Capsules in Blister Packs
ilustrasi simvastatin (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)
Jakarta -

Kadar kolesterol dan trigliserida (lemak) tinggi dapat menyumbat pembuluh darah. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, baik penyakit jantung, stroke, serangan jantung, dan penyakit serius lainnya. Adapun salah satu obat yang biasanya dokter resepkan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah simvastatin.

Dikutip dari The Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), obat golongan statin bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi di dalam darah. Juga, dimaksudkan untuk dikonsumsi sebagai bagian dari program manajemen kolesterol lengkap yang harus mencakup olahraga, diet sehat, hingga gaya hidup.

Meskipun begitu, simvastatin termasuk golongan obat keras, sehingga untuk mengonsumsinya harus sesuai dengan arahan dokter. Jangan melebihkan atau mengurangi dosis yang telah disesuaikan.

Pantangan Obat Simvastatin

Sebelum mengonsumsi, beritahu dokter jika memiliki penyakit hati. Pasalnya, obat ini tidak cocok untuk pengidap penyakit tersebut. Jangan mengonsumsi obat ini jika sedang hamil atau berencana untuk memiliki bayi. Apabila sedang hamil dan tengah menjalani pengobatan ini, segera beritahu dokter lantaran simvastatin dapat membahayakan bayi yang belum lahir.

Selain itu, jangan mengonsumsi obat ini apabila sedang dalam masa menyusui. Juga, jangan minum obat ini dengan obat lainnya yang digunakan untuk:

  • Transplantasi organ
  • Gangguan kekebalan tubuh
  • Depresi
  • Infeksi bakteri
  • Jamur
  • Hepatitis C
  • HIV (human immunodeficiency virus)



Simak Video "99 Persen Masyarakat Indonesia Sudah Punya Antibodi Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT