6 Obat Kolesterol Alami yang Patut Dicoba, Mudah Ditemukan di Dapur

ADVERTISEMENT

6 Obat Kolesterol Alami yang Patut Dicoba, Mudah Ditemukan di Dapur

Fadilla Namira - detikHealth
Rabu, 07 Des 2022 13:15 WIB
Kebiasaan Makan yang dapat Memicu Kolesterol Tinggi
Obat kolesterol alami (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Selain cara medis, obat kolesterol alami diyakini manjur menurunkan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL). Pun obat tersebut akan lebih efektif jika dibarengi dengan gaya hidup sehat.

Ada banyak hal yang menyebabkan kolesterol tinggi, mulai dari faktor genetik (familial hypercholesterolemia) hingga riwayat penyakit tertentu. Namun, pola hidup tidak sehat dan stres berkepanjangan di usia muda jadi penyebab terbanyak kenaikan kadar kolesterol.

Kadar kolesterol dikatakan tidak aman jika nilainya lebih dari 200 mg/dL. Untuk mendiagnosisnya, masyarakat bisa mengeceknya di layanan medis terdekat. Jika dibiarkan, seseorang sangat berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Obat Kolesterol Alami

Masyarakat bisa mencoba obat kolesterol alami berikut ini dikutip dari Healthline dan Medical News Today:

1. Kedelai

Kedelai dan olahanya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, seperti tahu, susu kedelai, dan tempe. Jenis kacang-kacangan tersebut adalah sumber protein tanpa lemak yang baik untuk tubuh dan mudah ditemukan pastinya. Bagi pengidap kolesterol tinggi dan pecinta daging, kedelai bisa jadi menu alternatif untuk mengganti steak daging.

2. Bawang Putih

Manfaat bawang putih telah dipercaya sejak lama bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan mengurangi kolesterol total dalam darah dengan masing-masing proporsi sebanyak 7 dan 10 persen. Hal ini diungkapkan dari penelitian Journal of Nutrition pada 2001.

3. Jahe

Tidak hanya rasanya yang pedas dan menghangat badan, manfaat jahe telah diuji bisa mengurangi kolesterol total dan lemak dalam darah. Obat alami ini bisa dimakan langsung secara mentah atau sudah dikemas dalam bentuk suplemen.

4. Omega 3

Vitamin asam lemak omega 3 sudah banyak dijual di pasaran. Namun bila ingin menggunakannya secara alami, masyarakat bisa mengonsumsi ikan laut segar, seperti tuna dan sarden. Omega 3 bekerja dengan cara mengurangi sekresi trigliserida (lemak) dan kolesterol LDL sehingga menurunkan risiko serangan jantung.

5. Beras Ragi Merah (Angkak)

Beras ragi merah sebenarnya adalah beras putih biasa yang difermentasi menggunakan ragi. Di beberapa negara, beras ini dijadikan makanan pokok dan bahan utama untuk mengobati diare, mulas, dan kolesterol tinggi.

Sebab, beras ragi merah memiliki senyawa aktif yang disebut monacolin, yaitu zat penghambat produksi kolesterol. Akan tetapi, santapan beras ragi merah yang berlebih menyebabkan sakit perut, mulas, dan pusing.

6. Makan Lebih Banyak Serat Larut

Obat kolesterol alam lainnya adalah makanan serat larut, termasuk apel, pisang, prem, dan plum. Jenis serat ini juga dapat membantu menurunkan kolesterol.

Di samping obat kolesterol alami, sedikit demi sedikit gaya hidup pengidap kolesterol tinggi diubah dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Menghindari lemak trans yang berlimpah di banyak makanan yang digoreng atau diproses.
  • Berolahraga lebih banyak, misalnya latihan kekuatan dan latihan aerobik
  • Menjaga berat badan ideal.
  • Konsumsi makanan yang relatif rendah lemak dan berbagai macam buah dan sayuran.
  • Berhenti merokok.
  • Batasi minum alkohol hingga segelas sehari.


Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT