Kronologi Pria Lumpuh Wajah Gegara Nonton Piala Dunia Nonstop

ADVERTISEMENT

Kronologi Pria Lumpuh Wajah Gegara Nonton Piala Dunia Nonstop

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 07 Des 2022 17:00 WIB
Palestinians fans watch the match between Morocco and Spain during the Qatar 2022 World Cup football in Gaza City, on December 6,2022. (Photo by Sameh Rahmi/NurPhoto via Getty Images)
Ilustrasi nonton piala dunia (Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Jakarta -

Pagelaran Piala Dunia 2022 tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bagi penggemar sepak bola, begadang nonton Piala Dunia jadi keharusan.

Namun, yang mesti diingat, begadang semalaman untuk mendukung tim favorit bisa memengaruhi kesehatan. Seperti yang dialami pria asal China yang mengeluhkan lumpuh wajah karena kebiasaan begadang nonton bola.

Pria yang bermarga Chao asal Wuhan ini mengaku tak pernah absen menonton Piala Dunia 2022 sejak pembukaannya pada November lalu. Sejak saat itu ia mengalami kurang tidur karena perbedaan jam antara negaranya dan Qatar yang cukup panjang.

Akhirnya pada 30 November, ia mulai merasa ada yang salah dengan kondisi badannya. Chao mengeluh lelah yang amat sangat namun mengabaikannya.

"Saya tidak terlalu memikirkannya dan memutuskan untuk beristirahat sebentar di kantor. Tapi setelah beberapa lama, kondisi saya sepertinya tidak membaik dan itu mempengaruhi kemajuan pekerjaan saya", tambahnya.

Chao kemudian berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit dan didiagnosis menderita kelumpuhan wajah yang hasil awalnya menunjukkan bahwa ia kurang tidur dan udara dingin langsung menerpa wajahnya yang menyebabkan ia kehilangan kendali atas otot-otot wajahnya.

Efek begadang terlalu sering

Tubuh kita memerlukan waktu untuk beristirahat, agar dapat kembali bugar dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Mereka yang begadang akan lebih produktif saat malam.

Meski tak alih-alih menyebabkan lumpuh wajah, Kebiasaan begadang ternyata juga dapat menurunkan sistem imun membuat kita mudah jatuh sakit. Begadang membuat tubuh kita tidak beristirahat cukup. Kurangnya waktu tidur/istirahat membuat sirkulasi sel darah putih terganggu. Sel darah putih yang terganggu inilah yang dapat menurunkan sistem imun.

Beberapa hal yang bisa muncul akibat begadang antara lain:

  • Penurunan fungsi otak
  • Peningkatan risiko gangguan mental
  • Kegemukan
  • Penurunan imun
  • Penuaan dini


Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT