Studi Sebut Cowok Pendek Cenderung Berkepribadian Psikopat dan Narsis

ADVERTISEMENT

Studi Sebut Cowok Pendek Cenderung Berkepribadian Psikopat dan Narsis

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 07 Des 2022 21:00 WIB
ilustrasi pria bercermin
Studi menyebut pria pendek cenderung berkepribadian psikopat dan narsis. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Studi mengungkap pria pendek cenderung memiliki kepribadian narsis untuk menutupi 'kekurangan' yang mereka miliki. Nggak cuma itu, ilmuwan mengatakan pria yang memiliki postur pendek juga cenderung psikopat.

Dikutip dari Dailymail, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Personality and Individual Differences ini menginvestigasi sindrom Napoleon Complex yang dimiliki pria berpostur pendek. Napoleon Complex adalah sikap mendominasi atau agresif yang ditunjukkan oleh orang yang lebih pendek sebagai kompensasi atas kurangnya tinggi badan mereka.

Peneliti Monika Kozlowska dari University of Wroclaw di Polandia ingin melihat apakah ada hubungan antara laki-laki yang dianggap lebih pendek dari rata-rata dengan kepribadian mereka seperti antisosial, narsisme, dan psikopat.

Para peneliti mensurvei 367 pria dan wanita menggunakan kuesioner dark triad 'dirty lusin', di mana peserta ditanya seberapa kuat mereka setuju dengan frasa seperti 'Saya cenderung memanipulasi orang lain untuk mendapatkan apa yang saya inginkan'.

Setiap peserta juga harus mengungkapkan tinggi badan mereka, serta menunjukkan seberapa puas mereka dengan tinggi badan mereka dan seberapa sering mereka merasa demikian.

Hasilnya menunjukkan peserta yang lebih pendek dari kedua jenis kelamin yang ingin lebih tinggi cenderung mendapat skor lebih tinggi untuk ketiga sifat 'gelap'. Namun narsisme sangat kuat dengan peserta pria dalam kategori ini.

"Pria yang lebih pendek dapat menuntut rasa hormat, membebankan biaya pada orang lain, mendapatkan sumber daya, dan mengesankan pasangan romantis dengan sifat mereka," tulis penelitian tersebut.



Simak Video "Ahli Jelaskan Ciri-ciri Kecenderungan Sifat Psikopat Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT