FDA Setujui Obat Oral untuk Kucing Diabetes Melitus

ADVERTISEMENT

FDA Setujui Obat Oral untuk Kucing Diabetes Melitus

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 09 Des 2022 07:26 WIB
Ilustrasi seekor kucing
Kucing bisa idap diabetes melitus. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memberikan izin penggunaan obat Elanco Animal Health Inc (ELAN.N) untuk kucing dengan diabetes. Obat ini adalah obat oral pertama yang disetujui untuk penyakit pada hewan.

Bexacat membantu meningkatkan kontrol glikemik pada kucing sehat dengan diabetes melitus yang sebelumnya tidak diobati dengan insulin.

Kucing dengan diabetes mellitus seringkali membutuhkan terapi seumur hidup dan secara tradisional dirawat dengan kombinasi insulin dan diet yang tepat. Tanpa perawatan yang tepat, kucing dengan penyakit tersebut menunjukkan gejala peningkatan rasa haus dan pengeluaran urin, penurunan berat badan, dan nafsu makan yang lebih tinggi.

"Obat tersebut tidak boleh digunakan pada kucing yang sebelumnya telah diobati dengan insulin, menerima insulin, atau menderita diabetes mellitus yang bergantung pada insulin, karena reaksi merugikan yang serius dapat terjadi," kata FDA dikutip dari Reuters, Jumat (9/12/2022).

Bexacat hadir dengan peringatan mengenai kebutuhan kritis untuk pemilihan pasien yang tepat dan potensi reaksi merugikan tertentu seperti ketoasidosis, masalah yang berpotensi fatal yang menyebabkan tubuh mulai memecah lemak dengan sangat cepat.

Semua kucing yang menerima Bexacat harus menjalani tes darah secara berkala setelah memulai perawatan untuk membantu mengurangi potensi masalah keamanan obat tersebut.



Simak Video "Alasan Kucing Kerap Menjilat Bulunya Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT