Pakai Elsimil untuk Cegah Stunting, Erina Gudono Dapat Sertifikat Ideal Hamil

ADVERTISEMENT

Pakai Elsimil untuk Cegah Stunting, Erina Gudono Dapat Sertifikat Ideal Hamil

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sabtu, 10 Des 2022 09:30 WIB
Erina Gudono calon istri Kaesang Pangarep di malam midodareni, Jumat (9/12/2022).
Erina Gudono pakai aplikasi Elsimil untuk cegah stunting. (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng)
Jakarta -

Erina Gudono memanfaatkan aplikasi Elsimil untuk perencanaan keluarganya bersama Kaesang Pangarep. Sesuai anjuran Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Erina juga melakukan persiapan khusus untuk mencegah stunting.

Aplikasi Elsimil dikembangkan BKKBN sebagai sarana edukasi bagi calon pengantin. Skrining calon pengantin melalui Elsimil dilakukan dengan kuesioner yang diisi tiga bulan sebelum pernikahan. Calon penganting disarankan melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas layanan kesehatan, lalu memasukkan hasilnya dalam kuesioner.

Dari hasil kuisioner yang berisi pertanyaan tersebut, Erina Gudono mendapatkan sertifikat hasil yang ideal untuk hamil.

"Saya sudah men-download dan mengisi semua kuesioner di aplikasi Elsimil. Sangat mudah dan jelas informasinya," kata Erina dalam Media Center Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dikutip Jumat (9/12/2022)

Seluruh kuesioner dalam aplikasi Elsimil yang dikembangkan BKKBN, menurut Erina sebagai langkah untuk pencegahan stunting dari hulu. Penggunaan aplikasi Elsimil, dikatakan sangat perlu untuk calon pengantin atau calon ibu untuk merencanakan kehamilannya.

"Banyak informasi yang dibutuhkan oleh calon pengantin maupun calon ibu yang mempersiapkan kehamilan setelah menikah ada di dalam aplikasi Elsimil," jelas Erina.

Soal rencana kehamilan dan punya anak, Kaesang angkat bicara. Ia menyerahkan keputusan tersebut kepada Erina.

"Punya berapa anak saya serahkan kembali ke Erina karena kan itu badannya Erina. Saya ndak ini, dah saya manut saja," kata Kaesang usai gladi akad di Royal Ambarrukmo, Sleman, Selasa (6/12/2022), sebagaimana dikutip dari detikJateng.



Simak Video "Stunting di Indonesia Kini Turun Menjadi 21,6%"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT