Kisah Nahas Ibu Meninggal usai Melahirkan Anak ke-10, Pernah Caesar 8 Kali

ADVERTISEMENT

Round Up

Kisah Nahas Ibu Meninggal usai Melahirkan Anak ke-10, Pernah Caesar 8 Kali

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 15 Des 2022 05:30 WIB
Asian doctor and an assistant in the operating room for surgical venous vascular surgery clinic in hospital.
Viral wanita meninggal dunia usai melahirkan anak ke-10, pernah operasi caesar 8 kali. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ake1150sb)
Jakarta -

Viral seorang ibu asal Malaysia meninggal dunia usai melahirkan anaknya yang ke-10. Wanita yang bernama Nur Zaihan Abdul Halim menghembuskan napas terakhirnya di Hospital Universiti Kebangsaan Malaysia (HUKM).

"Dia meninggal setelah melahirkan anaknya yg ke 10. Baby dapat diselamatkan dan dilahirkan 32 minggu dan masih admit di NICU HUKM," demikian dilaporkan oleh Penang Netizen.

Faktor Pemicu

Berdasarkan informasi dari laman Mingguan Wanita dilaporkan Nur Zaihan meninggal karena mengalami komplikasi plasenta tahap ke-4 usai menjalani operasi caesar sebanyak 8 kali. Kondisi ini membuatnya mengalami pendarahan hebat yang berujung kematian.

Seorang spesialis obgyn dari Pusat Perubatan Price Court Malaysia dr Maiza Tusimin menyebut risiko kehamilan dan persalinan akan semakin tinggi dialami wanita jika terlalu sering melahirkan. Ia mengungkap bahwa operasi caesar maksimal 3 kali sebab akan muncul banyak risiko yang terjadi jika dilakukan lebih dari itu.

"Meski perlengkapan lengkap apalagi jika di RS kerajaan, yang dikhawatirkan adalah jika ada perlekatan plasenta. Kalau ada perlekatan pada rahim, akan terjadi pendarahan," ujarnya.

"Dalam kasus ibu muda ini, mungkin dia sudah pendarahan ketika di rumah dan sampai di RS sudah telat," tambahnya.



Simak Video "Permintaan Maaf Nakes yang Live TikTok Saat Pasien Lahiran"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT