Studi: Pria Lajang Lebih Bau Dibandingkan yang Sudah Menikah

ADVERTISEMENT

Studi: Pria Lajang Lebih Bau Dibandingkan yang Sudah Menikah

Fitriana Fatmawati - detikHealth
Minggu, 01 Jan 2023 16:16 WIB
Woman pinches nose with fingers looks with disgust away something stinks bad smell isolated on gray background.
Pria lajang lebih bau? (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebuah penelitian dari Medis Frontiers in Psychology mengungkapkan wanita memiliki kemampuan untuk mengendus pria yang sudah menikah diantara pria yang belum menikah.

Dikutip dari New York Post, para peneliti di Universitas Macquarie Australia membuktikan bahwa bau pria lajang lebih kuat dibanding pria yang sudah menikah.

"Dari perspektif evolusi, mungkin menguntungkan bagi perempuan untuk mendeteksi chemosignals (bentuk komunikasi) yang berkonotasi coupledom dan pada akhirnya menghindari merayu laki-laki berpasangan," ujar penulis penelitian.

Untuk mengetahui bau khas dari para pria lajang, peneliti mengumpulkan 91 pria yang terbagi antara 45 yang sudah menikah dan 46 yang masih lajang, dan meminta 82 wanita heteroseksual untuk mengendus keringat pada kaos dari 91 pria yang berbeda.

Dalam penelitiannya, peneliti meminta seluruh pria untuk memakai kaus putih tersebut selama 24 jam untuk mendapatkan keringat yang maksimal.

Setelah mengumpulkan pakaian yang baru, para wanita yang berpartisipasi akan mengendus kaos yang berbeda dan diberikan foto dari pria yang bersangkutan.

"Konsisten dengan hipotesis kami, pria lajang dinilai lebih berbau daripada pria berpasangan," tulis peneliti.

"Kami juga menemukan bahwa wajah pria lajang dinilai lebih maskulin daripada pria yang berpasangan, tetapi hanya di antara wanita yang berpasangan," tambahnya.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT