Air Rebusan Daun Apa untuk Turunkan Kolesterol? Termasuk Kelor, Ini 6 Jenisnya

ADVERTISEMENT

Air Rebusan Daun Apa untuk Turunkan Kolesterol? Termasuk Kelor, Ini 6 Jenisnya

Hana Nushratu - detikHealth
Minggu, 22 Jan 2023 12:45 WIB
Manfaat Daun Kelor
Air rebusan daun kelor memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol. (Foto: Getty Images/iStockphoto/bdspn)
Jakarta -

Kolesterol tinggi memicu penyakit seperti penyakit stroke atau jantung yang bisa menyebabkan kematian. Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol yaitu meminum air rebusan daun tertentu.

Kolesterol dibagi menjadi dua jenis. Ada low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

Kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol 'jahat' yang berada di dalam aliran darah. LDL dapat menumpuk di pembuluh darah, membentuk timbunan lemak yang disebut plak. Plak ini dapat menyebabkan masalah lain, termasuk serangan jantung dan stroke.

Kadar kolesterol total dan LDL harus rendah. Namun memiliki lebih banyak HDL, atau kolesterol 'baik', dalam darah dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Sejumlah daun diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dikutip dari berbagai sumber berikut daun-daun yang bisa direbus untuk menurunkan kadar kolesterol:

1. Daun Kelor

Sudah tidak diragukan lagi bahwa daun kelor menjadi obat kolesterol. Tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak bangsa Indian mengatasi obesitas.

Kandungan zat aktif seperti flavonoid dan tanin, daun kelor diklaim memiliki efek untuk menurunkan kolesterol dengan cepat.

2. Daun Salam

Kerap dijadikan bahan tambahan untuk masakan, daun salam ternyata juga bisa menurunkan kolesterol. Selain menurunkan kolesterol, daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati kencing manis (diabetes), tekanan darah tinggi (hipertensi), serta penyakit lambung seperti maag.

Daun salam kaya akan senyawa flavonoid. Flavonoid berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi.

3. Daun sirsak

Daun sirsak memang sudah lama dikenal masyarakat sebagai obat kolesterol herbal yang mudah untuk dicari dan bahkan diklaim sangat efektif.

Salah satu studi menyatakan bahwa air rebusan daun sirsak mengandung senyawa flavonoid yang dapat memberikan efek pembentukan kolesterol di dalam darah.

4. Daun Artichoke

Daun artichoke biasa dikonsumsi dalam metode diet Mediteranian. Terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan efek daun artichoke untuk menurunkan kolesterol.

Dikutip dari Medical News Today, ekstrak daun artichoke dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Artichoke memiliki zat cynarin yang mempengaruhi pencernaan lemak dalam tubuh.

5. Daun Sirih

Daun sirih memiliki sejumlah manfaat seperti mencegah kanker, menghilangkan bau mulut, dan menurunkan kadar gula darah. Di samping itu, daun sirih juga ampuh menurunkan kolesterol.

Mengutip Lybrate, daun sirih memiliki kadar eugenol yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, eugenol juga menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di liver dan dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus.

6. Daun Serai

Dikutip dari Healthline, daun serai dapat menurunkan kolesterol. Dalam sebuah studi Journal of Advanced Pharmaceutical Technology and Research, daun serai dapat menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Penurunan kadar kolesterol tersebut tergantung pada dosis yang diberikan.



Simak Video "Nagita Slavina Tak Sangka Daun Kelor Bisa Jadi Menu Masakan untuk Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(hnu/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT