Cara Simple Andrew White Jaga Kesehatan Pencernaan: Jaga Gerak-Nutrisi

ADVERTISEMENT

Cara Simple Andrew White Jaga Kesehatan Pencernaan: Jaga Gerak-Nutrisi

Erika Dyah - detikHealth
Rabu, 25 Jan 2023 16:30 WIB
Andrew White
Foto: Instagram Andrew White
Jakarta -

Public Figure sekaligus Entrepreneur, Andrew White dikenal sangat telaten menjaga kondisi tubuh. Namun, pria yang sudah menginjak usia 37 tahun ini mengaku tak punya rahasia khusus untuk tetap tampil sehat dan bugar.

Andrew mengatakan banyak orang memandang olahraga atau pola hidup sehat sebagai suatu beban yang harus dilakukan dengan cara-cara keras. Padahal, kebiasaan hidup sehat bisa dipraktikkan dengan cara-cara simpel untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang secara keseluruhan, termasuk melancarkan pencernaan. Ia mencontohkan beberapa cara simple yang kerap dilakukannya dalam menjaga kelancaran pencernaan, misalnya dengan mulai bergerak.

"Dari gak gerak sama sekali, gerak sedikit saja. Jalan 5-10 menit, ini lebih baik dari 0 menit. Tambah dengan minum air putih yang melancarkan BAB dan melancarkan absorbsi nutrisi juga. Itu hal-hal yang simple kan nggak perlu pengeluaran banyak," ungkap Andrew dalam webinar 'Susah BAB Dampak Kurangnya Asupan Gizi' yang digelar virtual oleh detikcom bersama Vegeta, Rabu (25/1/2023).

Soal asupan nutrisi pun menjadi hal penting bagi Andrew dalam menjaga pencernaan tetap lancar. Ia mengatakan sebisa mungkin selalu mencari asupan makanan dari sumber natural terlebih dulu, termasuk dalam memilih serat yang berperan membantu kelancaran pencernaan. Untuk serat, Andrew juga berusaha mencari berbagai variasi sayur dan buah agar tidak monoton.

"Usaha dengan apapun yang dari alam. Makan buah dan sayur lebih. Terkadang, untuk memperlancar lagi kita juga bisa ada bantuan dengan herbal untuk kesehatan secara keseluruhan. Kadang-kadang orang sudah berusaha sebesar mungkin dan masih ada kendala, carilah produk yang bisa membantu kita," terangnya.

Adapun salah satu produk yang dipilih Andrew dalam menjaga pencernaan tetap lancar dan mengurangi sembelit ialah Vegeta Herbal. Vegeta terbuat dari serat alami yang kandungannya membuat perut tetap nyaman dan jadi solusi menghindari sembelit.

Vegeta Foto: Tangkapan Layar

Menurut Andrew, dengan mengonsumsi Vegeta Herbal dirinya bisa merasakan banyak manfaat karena pencernaan lancar. Namun, dampak yang begitu nyata baginya dari konsumsi Vegeta Herbal ialah menghilangkan kembung akibat sembelit.

"Ingat apapun yang kita lakukan ke badan kita sekarang itu akan berpengaruh untuk long term. Kita pasti selalu ingin sehat selamanya dan seterusnya. Carilah langkah kecil untuk jadi kesehatan seterusnya, consistency is the key," tandasnya.

Dalam webinar yang sama, Clinical Nutrition Specialist, dr Juwalita Surapsari mengatakan sayur dan buah merupakan sumber serat yang paling tinggi untuk bantu jaga pencernaan lancar. Selain dari sayur dan buah, serat juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian sehingga pilihan makanan bisa lebih beragam.

Anda juga bisa pilih buah yang bersifat laksatif untuk melancarkan pencernaan. Mulai dari kiwi, papaya, pir, dan buah naga yang dikenal melancarkan buang air besar.

"Jangan lupa juga, air itu salah satu unsur penting dalam tubuh kita. Kalau cukup air yang dikonsumsi, ketika kita makan serat yang sifatnya menarik air di dalam usus, maka massa ususnya menjadi lebih besar dan lebih lunak, jadi feses lebih mudah keluar," tutur dr. Juwalita.

Terakhir, dr Juwalita menegaskan modifikasi gaya hidup sehat lewat olahraga dan manajemen stres juga jadi cara yang berpengaruh penting untuk menjaga pencernaan tetap lancar dan tubuh sehat.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT