Varian Kraken Masuk RI, Menkes Optimistis Imunitas Warga Masih Tinggi

ADVERTISEMENT

Varian Kraken Masuk RI, Menkes Optimistis Imunitas Warga Masih Tinggi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kamis, 26 Jan 2023 11:35 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth
Jakarta -

Subvarian Omicron XBB.1.5 atau yang disebut varian Kraken sudah masuk Indonesia, ditemukan pada seorang warga negara Polandia yang sempat melakukan perjalanan ke DKI Jakarta dan Balikpapan. Mengingat varian ini disebut sebagai varian Corona paling menular, kasus COVID-19 RI bakal meroket lagi?

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menjelaskan Kraken adalah turunan varian Omicron, layaknya subvarian Omicron lainnya yang pernah merebak di Indonesia. Namun menanggapi cepatnya penularan varian ini, Menkes menyebut imunitas masyarakat RI terhadap virus Corona relatif masih tinggi.

"Kita secara populasi imunitas kita relatif masih baik. Kita harapkan nanti sero survei kan akan keluar yang bulan Februari. Nah selama populasi kita baik, terutama yang orang-orang tua yang punya komorbid itu imunitasnya masih tinggi, Insyaallah kalau ada varian baru itu bisa tertangani," jelasnya saat ditemui detikcom di Gedung AA Maramis, Jakarta Pusat, Kamis (26/1/2023).

"Karena Kraken kita amati dia itu penularannya memang cepat, tapi lemah. Artinya, hospitalisasinya nggak tinggi," sambung Menkes.

Dengan sifat Kraken tersebut, Menkes mengingatkan masyarakat untuk tetap mengenakan masker khususnya ketika beraktivitas di tempat ramai. Selain itu, kelompok rentan suga harus segera disuntik vaksin COVID-19 booster.

"Tetap kalau di dalam padat atau kurang sehat ya pakai masker. Tetapi kalau kemudian yang paling penting boosternya mesti dipakai buat yang tua-tua dan komorbid," pungkasnya.

Simak juga video 'Menkes Sebut 3 Varian Baru Covid-19 di Indonesia Sudah Terkendali':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT