Dokter Kulit 'Spill' Tips Awet Muda Seperti Tyo Nugros

ADVERTISEMENT

Dokter Kulit 'Spill' Tips Awet Muda Seperti Tyo Nugros

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 09 Feb 2023 06:00 WIB
Tyo Nugros
Tyo Nugros. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Awet muda di usia 52 tahun ala Tyo Nugros sebenarnya tidak terjadi dengan cara instan. Tyo mengaku sudah menerapkan pola makan dan pola hidup sehat selama puluhan tahun.

Salah satu tips awet muda dari Tyo yang paling disorot adalah mengurangi asupan garam dan menghindari monosodium glutamat MSG. Menurut dokter spesialis kulit dari DNI Skin Center Dr dr Darma, SpKK(K), FINSDV, FAADV selain menghindari kebiasaan tersebut, ada sederet makanan yang dianjurkan untuk menjaga kekencangan dan kelembapan kulit.

"Untuk menjaga kesehatan kulit, sebaiknya menjaga asupan nutrisi seimbang yang mengandung karbohidrat(terutama karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, dan lain lain. Protein dapat berasal dari sayuran, kacang-kacangan, daging, telur), dan lemak baik (alpukat, kacang almond)," saran dia saat dihubungi detikcom Rabu (8/2/2023).

Selain itu, konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah dan sayur. Itu juga menjaga kulit dari paparan radikal bebas.

"Selain itu, antioksidan penting untuk menjaga kesehatan kulit yang didapat dari sayur dan buah-buahan. Konsumsi buah harian dan sayuran yang dimasak dengan baik dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit," lanjutnya.

MSG/monosodium glutamat adalah glutamat (zat eksitatorik) yang berikatan natrium (C5H8NO4Na). Sementara untuk garam adalah senyawa natrium klorida (NaCl), kandungan natrium pada MSG lebih rendah dibandingkan dengan pada garam, jadi prinsipnya diet rendah garam bisa membantu kulit nggak kering sehingga terlihat lebih awet," pungkas dia.



Simak Video "Tyo Nugros Awet Muda di Usia 52, Apa Tipsnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT