Apa Itu Childfree? Disebut Gitasav Sebagai Salah Satu Cara Bikin Awet Muda

ADVERTISEMENT

Apa Itu Childfree? Disebut Gitasav Sebagai Salah Satu Cara Bikin Awet Muda

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 09 Feb 2023 10:15 WIB
Gita Savitri Devi
Apa itu childfree? Ini dikaitkan dengan komentar selebgram Gita Savitri atau akrab disapa Gitasav yang menyebut salah satu cara agar tetap awet muda. (Foto: Instagram @gitasav)
Jakarta -

Apa itu childfree? Ini dikaitkan dengan komentar selebgram Gita Savitri atau akrab disapa Gitasav yang menyebut salah satu cara agar tetap awet muda. Hal itu ia katakan saat membalas salah satu komentar warganet yang memuji wajah awet mudanya.

"Not having kids is indeed natural anti-aging. You can sleep for 8 hours every day, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox," tulis Gita.

Akibat komentarnya itu, Gita pun menjadi sorotan dan menjadi bahan bully-an warganet. Sebenarnya apa sih arti childfree itu sendiri? Simak berikut ini.

Apa Itu Childfree?

Childfree merupakan istilah yang mengacu pada seseorang yang tak memiliki anak, baik biologis, adopsi, atau lainnya. Istilah ini bisa digunakan untuk menggambarkan seseorang yang telah memilih untuk tak memiliki anak, namun bisa juga untuk mereka yang tak bisa memiliki anak.

Dikutip dari Fertility Smart, istilah childfree sering digunakan secara bergantian dengan istilah childless. Namun, penting untuk diketahui bahwa kedua istilah tersebut memiliki perbedaan.

Childfree Ada Hubungannya dengan Awet Muda?

Dokter spesialis kulit dari DNI Skin Center Dr dr Darma, SpKK(K), FINSDV, FAADV, menyebut sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara memiliki anak dan tidak memiliki anak dengan awet muda. Satu hal yang memang berkaitan adalah munculnya rasa stres.

Secara ilmiah, stres atau pikiran berat bisa memicu hormon negatif pada tubuh. "Berdampak pada hormon seseorang, hormonalnya akan sangat berpengaruh."

Artinya, efeknya selain bisa menyerang sistem kekebalan tubuh, juga bisa berpengaruh pada respons hormonal ke antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang memiliki fungsi untuk memerangi efek negatif radikal bebas.

"Itu bisa melindungi kulit ketika terpapar sinar matahari berlebihan, asap rokok, polusi udara, atau lainnya," jelas dia.

Karenanya, jika tubuh kekurangan antioksidan, permasalahan kulit seperti keriput, jerawat, dan lainnya otomatis muncul.

Menurut dr Darma bergantung kembali pada pemicu stres masing-masing orang. Alih-alih mendebatkan soal itu, ia menyarankan agar masyarakat sering mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin E, untuk menjaga kulit awet muda.

"Nah tapi kalau saya bilang awet muda karena tidak punya anak itu, tidak. Tentu setiap orang punya problem masing-masing, selama itu dia stres misalnya karena punya anak bisa mengganggu kulit, membuat cepat menua," ucap dr Darma

Senada, dokter kecantikan sekaligus influencer, dr Abelina Dini Fitria, Dpl AAAM, MM, MARS, mengungkapkan memiliki anak bukan penyebab utama penuaan dan tergolong 'indirect correlation' (korelasi tidak langsung). Bahkan, menurutnya harus ada penelitian lebih lanjut terkait hal tersebut.

Justru stres, rokok, dan vape lebih tinggi pengaruhnya terhadap penuaan sehingga perlu diwaspadai. Hal ini juga berlaku buat orang yang dengan pola makan yang tidak sehat atau kekurangan nutrisi.

"Nggak bisa dibilang bahwa mengandung dan melahirkan secara langsung bikin kita cepat tua. Bagaimana pun jadi ibu itu mulia, harus kita hormati," tegas dr Abelina.

Alasan Orang Memilih Childfree

Dalam kesempatan yang berbeda, psikolog Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center sempat menjelaskan memang ada banyak orang yang memilih untuk tidak punya anak atau kini disebut childfree.

Salah satu faktor di baliknya yakni pergaulan. Pasalnya, pergaulan dapat dengan mudah mempengaruhi cara berpikir seseorang. Lebih lagi, pergaulan bisa membentuk prinsip hidup yang sebelumnya sama sekali tak terpikirkan oleh seseorang.

Selain pergaulan, pengalaman traumatis juga bisa menjadi penyebab seseorang memilih untuk tidak punya anak. Misalnya pada beberapa kasus, seseorang yang diperlakukan tidak baik oleh orang tua di masa lampau menjadi tidak ingin memiliki anak karena khawatir perihal perlakuan yang sama.

"Saat kecil diperlakukan kasar, disakiti, diabaikan, oleh orang tua atau pengasuh pengganti sehingga membentuk prinsip untuk apa anak hadir jika si anak harus terluka atau terabaikan?" jelas Rahma pada detikcom beberapa waktu lalu.

Pada beberapa kasus lainnya, seseorang memang disarankan untuk childfree karena gangguan medis atau kondisi psikis tertentu. Misalnya depresi berat bisa mempengaruhi kondisi anak dan ibu.

"Dengan kondisi medis riskan tentu juga dapat mempengaruhi mental ibu dan keluarganya jika dipaksakan memiliki anak," jelas Rahma.



Simak Video "Awet Muda Tanpa Punya Anak, Apa Iya?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)
Childfree Antiaging Alami?
Childfree Antiaging Alami?
17 Konten
Tren childfree alias memutuskan untuk tidak memiliki keturunan belakangan dikaitkan dengan rahasia awet muda. Selebgram Gitasav menyebut childfree sebagai antiaging alami. Benarkah?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT