Viral Selebgram Gitasav Sebut Childfree Bikin Awet Muda, Betulan Ada Kaitannya?

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Viral Selebgram Gitasav Sebut Childfree Bikin Awet Muda, Betulan Ada Kaitannya?

Charina Elliani - detikHealth
Minggu, 12 Feb 2023 17:04 WIB
10 Momen Gita Savitri Hangout dan Ngopi di Kafe Bareng Suami
Selebgram Gitasav menyebut childfree bikin awet muda. (Foto: Instagram/gitasav)
Jakarta -

Belakangan ini Giti Savitri atau yang kerap dikenal dengan panggilan Gitasav menjadi perbincangan hangat netizen setelah melontarkan komentar mengenai childfree sebagai cara alami untuk tetap awet muda.

Menurut selebgram dan content creator tersebut, dengan hidup tanpa anak alias childfree, ia memiliki waktu lebih banyak untuk dirinya sendiri, tidak stres, bisa mencukupi waktu tidurnya, dan memiliki uang cukup untuk botoks.

Pernyataan tersebut sempat kontroversial lantaran memicu berbagai pendapat berbeda dari para warganet.

Childfree Bisa Bikin Awet Muda?

Studi terhadap hampir 2.000 wanita usia reproduksi di AS mengungkapkan bahwa wanita yang sudah mempunyai anak membuat DNA ikut menua.

Penelitian tersebut melihat bagaimana telomere dalam tubuh mengalami perubahan setelah seorang wanita melahirkan. Hasil menunjukkan bahwa wanita yang memiliki anak mempunyai telomere yang lebih pendek dibandingkan mereka yang belum melahirkan.

Telomere adalah molekul yang bertindak sebagai tutup di ujung kromosom dan membantu melindungi informasi genetik dalam sel agar tidak memburuk seiring waktu. Semakin panjang telomere seseorang, kesehatannya akan lebih baik dan membuat seseorang panjang umur.

"Kami menemukan bahwa wanita yang memiliki 5 anak atau lebih memiliki telomere yang lebih pendek dibandingkan yang tidak punya anak dan relatif lebih pendek dibandingkan yang punya anak satu, dua, tiga atau empat," ucap Anna Pollack, seorang ahli epidemologi, dikutip dari New Scientist.

Di sisi lain, dr Kartika Mayasari, dokter kecantikan sekaligus founder Ambrosia Klinik dan Estetik, menjelaskan bahwa pada dasarnya penuaan adalah proses normal.

Penuaan pada kulit dapat dicegah dengan menjalankan gaya hidup yang sehat, seperti tidur yang cukup, menjaga asupan makanan sehat, berolahraga, mengelola stres, atau bisa juga dibarengi dengan perawatan medis.

"Kalau sudah stres itu, pengaruhnya biasanya dia akan makan sembarangan, nggak bisa diatur lagi. Tidurnya pun sembarangan, bisa tidur berlebihan atau bahkan nggak tidur sama sekali. Terus sedangkan tidur itu bisa memperbaiki sistem tubuhnya. Jadi saat tidur, sistem tubuh itu memperbaiki tubuh dari kulit, dari organ, semuanya akan lebih baik," ungkapnya saat ditemui detikcom di kawasan Bekasi, Kamis (9/2/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bagaimana kebahagiaan seseorang tidak dapat disamaratakan. Ada yang terhindar dari stres dengan hidup tanpa anak, ada juga yang hidup bahagia dengan mempunyai anak.

"Tetapi yang jelas, intinya adalah memang benar semuanya harus bahagia. Entah bahagianya dengan nggak punya anak, atau mempunyai anak banyak. Intinya, kita bisa membagi waktu, kita bisa bahagia dengan keadaan yang kita jalani. Itu saja sudah cukup," jelas dr Kartika.

NEXT: Kata psikolog soal alasan orang pilih hidup childfree



Simak Video "Awet Muda Tanpa Punya Anak, Apa Iya?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT