Kamis, 27 Jan 2022 22:55 WIB

Vaksin Pfizer untuk Usia Berapa? Ini Aturannya

Suci Risanti Rahmadania, detikTV - detikHealth
PM Israel Benjamin Netanyahu disuntik vaksin Pfizer-BioNTech. Ia dan Menteri Kesehatan Israel diketahu jadi yang pertama disuntik vaksin COVID-19 di negara itu. Vaksin Pfizer untuk Usia Berapa (Foto: AP Photo/AMIR COHEN)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 produksi Pfizer-BioNTech yang dikenal juga dengan nama Corminaty sudah didistribusikan secara bertahap pada 20 Agustus 2021 di Indonesia. Lantas, vaksin Pfizer untuk usia berapa ya?

Dikutip dari laman resmi COVID19.go.id, vaksin ini bisa digunakan untuk masyarakat berusia 12 tahun ke atas dan belum pernah menerima vaksin jenis lain. Selain itu, vaksin ini nantinya akan diberikan dua dosis (0,3 ml) secara intramuskular dalam jarak vaksin minimal 21 hari.

"Vaksin ini digunakan dengan indikasi pencegahan COVID-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 untuk orang berusia 12 tahun ke atas. Diberikan secara injeksi intramuskular, dosis 0,3 mL dengan 2 kali penyuntikan dalam rentang waktu 3 (tiga) minggu," jelas Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito.

Berdasarkan uji klinis fase 3, vaksin Pfizer diklaim memberikan efikasi 95,5 persen pada usia 16 tahun ke atas, dan 100 persen pada anak-remaja yang berusia 12-15 tahun. Data imunogenisitas menunjukkan pemberian 2 dosis vaksin Comirnaty dalam selang 3 minggu menghasilkan respons imun yang baik.

Sementara untuk efek samping dari vaksin Pfizer sendiri dinilai ringan dan relatif aman untuk digunakan oleh kelompok masyarakat immunocompromised atau rentan. Efeknya dapat berupa nyeri pada tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, nyeri sendi, dan demam.

Akan tetapi, sampai saat ini pemerintah Indonesia masih belum memperbolehkan penggunaan vaksin Pfizer untuk anak berusia di bawah 12 tahun. Hal ini diketahui dari Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito pada September 2021 lalu.

Lalu, Jenis Vaksin Apa yang Diperbolehkan untuk Usia di Bawah 12 Tahun?

Sejauh ini, jenis vaksin yang diberikan untuk anak di bawah 12 tahun (6-11 tahun) adalah Sinovac. Hal tersebut diketahui dari surat edaran yang diteken oleh Kemenkes RI dr Maxi Rein Rondonuwu.

"Kami sampaikan bahwa vaksin COVID-19 jenis Sinovac hanya diperuntukkan bagi pelaksanaan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun dan untuk melengkapi vaksinasi dosis ke-2 usia 12 tahun ke atas," kata dr Maxi.

Nah, jadi udah kejawab ya guys pertanyaan tentang vaksin Pfizer untuk usia berapa? Tentunya untuk usia 12 tahun ke atas.



Simak Video "Efektivitas Pfizer Terhadap Omicron Pada Anak 5-11 Tahun Hanya 12 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)