Jumat, 28 Mar 2014 17:01 WIB

Diet Experience

Kunci Bobot Siti Laila Turun 26 Kg: Kunyah Makanan Hingga Halus Saat Makan

feed
Dikirim Oleh
Before Before Before After
Bekasi - Penelitian dari University of Birmingham menyebutkan bahwa teknik mengunyah yang lambat dan halus dapat membantu mengontrol rasa lapar saat makan. Terbukti, menerapkan teori ini, bobot Siti Laila Qodariah (22) berhasil turun dari 91 kg menjadi 65 kg.

Gadis dengan tinggi badan 172 cm ini mengungkapkan bahwa teknik mengunyah tersebut sudah menjadi kebiasaannya sampai saat ini. Kepada detikHealth, ia menceritakan pengalaman dietnya tersebut, seperti ditulis pada Jumat (28/3/2014):

Pada saat berat saya masih sekitar 81-88 kg, saya telah melalui banyak sekali cara diet, mulai dari minum obat-obatan pelangsing, fitnes setiap hari, hingga totok diet. Cara ini boleh dibilang cukup berhasil namun sangat menyiksa saya. Bobot yang turun pun hanya 2-3 kg dalam kurun waktu 1 bulan.

Ketika kemudian diet tersebut saya tinggalkan, berat badan saya justru tambah naik hingga mencapai 92 kg. Sempat tak bersemangat, saya tidak peduli lagi dengan berat badan saya. Saya berpikir mungkin ini takdir saya.

Seiring waktu berjalan, saya melihat teman-teman saya memiliki wajah dan badan yang menarik dan indah. Saya pun berkeinginan kembali untuk melakukan diet agar saya bisa seperti mereka. Boleh dibilang, ketika saya melakukan diet, saya melakukannya dengan tidak menyiksa diri saya seperti diet yang saya lakukan sebelumnya.

Saya tetap makan makanan kesukaan saya dan makan 3 kali sehari, namun lebih kepada porsinya yang lebih sedikit dan cara teknik makannya, yaitu dikunyah hingga halus. Kebetulan juga saya mengikuti olahraga Merpati Putih di kampus saya yang dilakukan selama 2 kali sepekan. Sehingga Merpati Putih bisa dibilang turut menunjang saya membentuk badan dan menjaga kesehatan, serta kualitas saluran napas saya.

Tidak terasa setelah 3 bulan saya melakukan cara tersebut, saya menimbang dan hasilnya mencengangkan. Berat badan saya menjadi 70 kg. Sempat tidak percaya, akhirnya saya mencoba menimbang berat badan saya di tempat lain dan hasilnya sama. Tanpa saya sadari juga, baju-baju dan celana saya juga sudah longgar. Teman-teman saya juga mengatakan kalau saya lebih ramping. Saya sangat senang sekali.

Hal tersebut masih saya lakukan sampai sekarang, hingga berat saya turun lagi menjadi 65 kg dan akan terus saya pertahankan.

Sekarang ini saya kuliah di Bandung, sementara keluarga saya tinggal di Bekasi. Saya pulang ke rumah biasanya jika ada suatu keperluan saja. Ketika suatu saat saya pulang dengan keadaan saya yang sudah berubah, orang tua saya kaget. Sempat juga mama saya menyuruh saya makan banyak di rumah, mungkin melihat keadaan saya yang sudah berubah dan porsi makan saya yang berbeda.

Jadi, saya berkesimpulan bahwa mengunyah makanan hingga halus dapat membuat kita cepat untuk kenyang, meskipun makannya sedikit. Pokoknya kunci utama saya adalah teknik mengunyah makanan hingga halus. Semoga pengalaman diet saya ini bisa jadi inspirasi diet Anda. Terima kasih.



(ajg/vit)