Rabu, 25 Mar 2015 15:05 WIB

Diet Experience

Diet OCD dan Kurangi Minuman Manis, Bobot Nuni Berhasil Turun 10 Kg

feed
Dikirim Oleh
Nuni (Before) Before Nuni (After) After
Bekasi -

Merasa lebih gemuk setelah melahirkan, Nuni Rakhmawati (33) kemudian mencoba mencari cara supaya dapat bisa tampil lebih percaya diri dengan tubuh lebih langsing. Akhirnya pilihan Nuni pun jatuh pada diet OCD.

Selain menerapkan diet OCD, Nuni juga berusaha untuk mengurangi konsumsi nasi dan minuman manis. Ditambah dengan rutin melakukan berbagai aktivitas di rumah, Nuni pun akhirnya berhasil menurunkan berat badannya dari semula 65 kg menjadi 55 kg. Berikut kisah dietnya, seperti diceritakan kepada detikHealth dan ditulis pada Rabu (25/3/2015):

Setelah melahirkan anak kedua di bulan Juli 2013, saya tidak percaya diri dengan berat badan saya. Memang sih sebelum hamil saya pun sudah gemuk dengan berat badan selalu di atas 60kg, tapi kali ini saya ingin punya tubuh yang lebih langsing supaya badan lebih enteng.

Karena saya adalah ibu rumah tangga yang masih menyusui, awalnya saya mencoba memakai nutrisi diet. Namun selama 2 bulan mengonsumsinya dan belum mebuahkan hasil, saya pun mencari cara menurunkan berat badan yang lain. Saya kemudian disarankan oleh teman dekat saya untuk mencoba diet OCD. Saya pun mengambil jam puasa dari malam hari sampai jam 12 siang.

Diet ini saya jalankan selama sekitar 3 bulan, namun saya kurang disiplin dalam menjalankannya karena di hari libur saya sering tergoda untuk sarapan apalagi jika sedang bepergian. Untuk makan, saya masih banyak namun agak berkurang porsinya. Saya juga masih sering minum teh manis baik buatan sendiri maupun yang kemasan. Tapi memang saat itu berat badan saya sempat lumayan turun, yaitu berada di angka 56-58 kg.

Pada bulan November 2013 nafsu makan saya kembali naik karena saya sudah berhenti menerapkan diet OCD, berat badan saya pun kembali naik drastis di angka 60kg. Kemudian saya coba dengan tekad kuat untuk mengurangi porsi makan nasi dan mengurangi munuman kemasan.

Untuk teh manis buatan sendiri masih tetap, namun hanya saya minum di sore atau malam hari. Untuk makan nasi yang biasanya habis satu piring penuh, saya kurangi sedikit demi sedikit dan saya gunakan piring kecil supaya makanan terlihat lebih banyak.

Saya makan 2-3 kali sehari dengan porsi kecil dan memperbanyak minum air putih. Jika kebetulan saya ingin jajan seperti burger atau pizza, saya tetap jajan namun hanya dimakan separuh saja.

Sampai dengan saat ini, saya hanya makan dengan porsi kecil dan tetap menjalankan aktivitas rumah tangga saya. Berat badan saya Alhamdulilah stabil di angka 54-55 kg. Memang tidak banyak turunnya, namun semua teman bertanya apa resep kurus saya dan baju saya sebelum hamil pun sekarang semuanya kedodoran. Dulu saya pakai ukuran L atau XL, sekarang saya pakai S atau M. Demikian cerita saya, semoga dapat menginspirasi.

Baca juga: Terapkan Diet OCD dan Fitness Tiap Pekan, Berat Badan Mika Turun 17 Kg

(ajg/vta)