Kamis, 01 Agu 2013 12:05 WIB

Diet Pernapasan, Cara Mudah untuk Kurus Tanpa Harus Menahan Lapar

- detikHealth
Breath Diet (dok: Daily Mail)
Jakarta - Hal paling menyebalkan dalam program diet untuk menurunkan berat badan adalah banyaknya pantangan dan pembatasan makan enak. Seorang artis Jepang memberikan solusi bagi yang tidak mau terlalu memikirkan makan yakni diet pernapasan.

Miki Ryosuke, seorang artis Jepang berusia 55 tahun mengaku sukses menurunkan berat badan sebanyak 12 kg hanya dengan mengatur pernapasan. Cukup meluangkan waktu 2 menit sehari, ia melakukan konsentrasi menarik napas panjang lalu mengeluarkannya kuat-kuat.

Metode diet yang belum begitu populer ini diciptakan sendiri oleh Ryosuke secara tidak sengaja. Ketika itu ia sedang mempraktikkan teknik pernapasan untuk mengatasi nyeri punggung, namun tanpa disangka ia mendapati berat badannya berkurang drastis.

Temuan itu lalu dikembangkannya menjadi metode diet yang diklaimnya tidak membebani orang dengan pantangan-pantangan makan yang berlebihan. Metode diet yang dinamainya Long Breath Diet itu cukup dilakukan dengan tarik napas selama 3 detik lalu menghembuskannya kuat-kuat dalam 7 detik.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mempraktikkan metode diet pernapasan seperti yang diajarkan Ryosuke, seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (1/8/2013) berikut ini.

Teknik pertama, kencangkan otot-otot pantat sambil berdiri dengan satu kaki di depan. Berat badan sebagian besar dibebankan dke kaki belakang. Dalam posisi ini, tarik napas selama 3 detik sambil mengangkat tangan ke atas kepala.

Selanjutnya, hembuskan napas sambil mengencangkan seluruh otot tubuh selama 7 detik.

Teknik kedua, posisi tubuh berdiri dengan otot-otot pantat dikencangkan juga. Satu tangan diletakkan di perut, sedangkan tangan yang lain memegangi pantat dari belakang. Sama seperti teknik pertama, tarik napas dilakukan secara perlahan selama 3 detik lalu dihembuskan kuat-kuat. Bedanya kali ini dilakukan sambil terus memegangi perut.

Selain Ryosuke, pakar lain yang mengembangkan teknik serupa adalah Jill Johnson di Inggris dengan program bernama Oxycise. Menurutnya, teknik pernapasan memang sangat manjur untuk menurunkan berat badan.

"Lemak terbentuk dari oksigen, karbon dan hidrogen. Saat oksigen yang kita hirup mengenai molekul lemak, molekul tersebut akan pecah menjadi karbondioksida dan air," jelas Johnson.


(up/vit)