Rabu, 11 Sep 2013 07:14 WIB

Selalu Dianggap Overweight, Artis Korea Ini Diet dan Jadi Terlalu Kurus

- detikHealth
Xiumin (Foto: Stomp)
Jakarta - Sudah biasa jika artis dituntut untuk selalu tampil sempurna, salah satunya dengan menjaga berat badan. Namun apa yang menjadi patokan para artis di Korea? Tubuh yang sudah 'normal' pun seringkali dianggap overweight dan diharuskan diet, sehingga kebanyakan dari mereka kini justru terlalu kurus.

Pada bulan Agustus kemarin, Xiumin dari grup K-pop EXO kehilangan berat badan begitu banyak. Penurunan berat badan ini bahkan sampai mengejutkan para penggemarnya saat foto terbarunya mulai beredar secara online. Dalam foto tersebut Xiumin mengenakan tank top putih dan tampak kurus. Menurut sesama anggota grup boyband tersebut, berat Xiumin saat ini bahkan tidak mencapai 60 kg.

Para fans mengekspresikan keprihatinan terhadap Xiumin, beberapa dari mereka bahkan mengatakan bahwa kini Xiumin sekarang lebih kurus dari seorang gadis, seperti dilansir Asia One, Rabu (11/9/2013).

Menurut Kpopstarz, TOP yang berasal dari grup K-pop Big Bang dulu juga pernah mengalami kelebihan berat badan. Namun karena keinginannya sangat kuat untuk memasuki industri musik di Korea, TOP melakukan diet ketat dan berat badannya turun secara drastis. Sebelum melakukan debutnya dengan grup Big Bang, CEO YG Entertainment, Yang Hyun Suk, ketat menginstruksikan TOP untuk turun 20 kg hanya dalam waktu 40 hari.

Sejujurnya ini bukanlah kejadian yang langka dalam industri seperti ini. Para artis Korea ini biasanya diminta untuk banyak makan, terutama daun bawang dan sayuran agar bisa sekurus mungkin sebelum mereka bertemu fans penggemarnya secara langsung.

'Crash diet' ini sangat umum dilakukan di kalangan artis Korea, sehingga jelas mengapa grup-grup seperti SHINee, SNSD dan Beast sangat gembira jika saat tampil dalam sebuah acara, kemudian dijanjikan akan ada makanan selama siaran.

Metode diet lainnya juga dilakukan oleh Junsu JYJ, ia kini sudah menerapkan pola makan yang melarangnya makan jika sudah lewat dari pukul 6 malam. Metode ini ia lakukan untuk mencegah terjadinya kenaikan berat badan.

Tekanan terkait berat badan juga diyakini lebih tinggi pada anggota girlband Korea. Pada sebuah acara baru-baru ini, grup f(x) menjadi bintang tamu dan seorang pria di antara penonton tidak malu-malu untuk mengungkapkan bagaimana ia berpikir bahwa f(x) masih harus lebih berusaha untuk bisa lebih langsing.

Pria itu kemudian menghampiri Sulli dan berkata bahwa gadis tersebut harus menghilangkan lemak di bagian lengannya. Padahal seperti yang terlihat, sebagian besar dari kita setuju bahwa mereka sudah memiliki tubuh yang sehat dan ideal.

Faktanya, terlalu keras melakukan diet demi penampilan yang sempurna sebenarnya jauh dari sehat, sebab jika terlalu dipaksakan nantinya justru bisa menimbulkan penyakit. Akan jauh lebih baik jika industri tak selalu menuntut tampil sempurna dan mulai memikirkan efek diet berlebihan ini terhadap kesehatan para artisnya.

(vit/vit)