Rabu, 03 Sep 2014 13:50 WIB

Ada Banyak Jenis Diet, Tapi Hasilnya Sama Saja Jika Anda Tak Konsisten

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Banyak jenis diet yang kini tengah populer di kalangan masyarakat. Mulai dari diet golongan darah, food combining, sampai diet OCD. Namun ingat, menerapkan pola makan tertentu tak akan efektif jika Anda tak patuh.

Dalam penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of American Medical Association, tim dari Kanada menyimpulkan bahwa konsisten pada satu jenis diet lebih memberikan hasil daripada mencoba-coba banyak jenis diet lainnya.

Ahli gizi yang terlibat dalam penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa pada dasarnya setiap jenis diet sama-sama mengurangi kalori pada tingkat yang serupa, sehingga hasilnya pun tak akan jauh berbeda. Yang membedakan hanyalah komitmen dari masing-masing orang yang menjalaninya. Oleh sebab itu, hasilnya juga bisa berbeda-beda pada tiap orang.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti dari McMaster University, Ontario, melakukan pengkajian data pada sekitar 7.286 orang yang melakukan diet. Dari hasil pengkajian tersebut ditemukan bahwa mereka rata-rata turun berat badan sebanyak 7,3 kg dalam 12 bulan.

"Perbedaan antara masing-masing diet tidak terlalu banyak. Temuan kami juga menunjukkan bahwa pasien dapat memilih mana diet yang paling membuatnya nyaman, asalkan mereka mau patuh dan konsisten," tulis laporan penelitian tersebut, seperti dikutip dari BBC, Rabu (3/9/2014).

Prof Susan Jebb, dari University of Oxford, juga menambahkan bahwa setiap jenis diet rata-rata memiliki anjuran untuk mengurangi kalori sampai 1.500 per hari. Kebanyakan dari jenis diet juga memberikan pola waktu makan yang hampir sama dan menganjurkan seseorang untuk mengurangi asupan seperti biskuit, kue dan cokelat.

"Masalahnya sebenarnya adalah tentang kepatuhan dan komitmen pada pola makan itu sendiri. Seberapa lama Anda bisa tetap menaati pola makan tersebut dari waktu ke waktu itulah yang penting. Temukan satu jenis diet yang tepat bagi Anda, dan tetaplah konsisten menjalaninya," pesan Prof Jebb.

(ajg/up)