Jumat, 08 Mei 2015 12:01 WIB

Studi: Mau Pinggang Lebih Ramping? Makan Porsi Kecil 5-6 Kali Sehari

- detikHealth
ilustrasi (Foto: Thinkstock) ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Meskipun tampaknya mustahil, makan sebanyak 5-6 kali sehari justru lebih berpengaruh positif terhadap proporsi tubuh. Pola makan seperti ini dianggap lebih efektif untuk membentuk pinggang lebih ramping, dibandingkan makan porsi besar 3 kali sehari.

Ya, sebelumnya makan 3 kali sehari sempat populer karena dianggap dapat membuat seseorang tak ingin ngemil lagi. Namun studi terbaru membuktikan sebaliknya. Tim peneliti mengungkapkan makan dalam porsi sedikit namun sering justru memegang peranan kunci untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari California dan New Mexico menemukan bahwa peningkatan frekuensi makan dalam komposisi sehat lebih mungkin untuk membuat seseorang kehilangan massa tubuh.

Baca juga: Jenis Gula yang Dikonsumsi Turut Pengaruhi Keinginan Makan Seseorang

Untuk membuktikan hal ini, tim peneliti membandingkan dua pola makan selama dua pekan. Pada bagian pertama, peserta makan dua kali setiap hari, sedangkan pada bagian kedua responden makan enam kali sehari. Jumlah total kalori yang dikonsumsi tetap sama.

Temuan menunjukkan bahwa dengan mengikuti kedua pola tersebut, berat badan mereka sama-sama turun. Namun yang menjadi perhatian adalah kelompok yang makan enam kali sehari memiliki komposisi tubuh yang lebih sehat. Mereka yang pada enam kali sehari juga memiliki kadar sehat glukosa, insulin dan kolesterol.

"Peningkatan frekuensi makan, seperti menjadi 6 kali sehari, dianggap lebih sehat bagi komposisi tubuh. Mungkin berat badan akan sama-sama turun, tapi pengukuran lainnya membuktikan pola ini lebih baik," tulis para peneliti, seperti dikutip dari Mirror, Jumat (8/5/2015).

Baca juga: Keinginan untuk Ngemil di Malam Hari Sering Menggebu-gebu? Ini Penyebabnya



(ajg/up)
News Feed