Jumat, 11 Mar 2016 14:34 WIB

Terus-menerus Merasa Lapar? Atasi dengan Berjalan-jalan Sejenak

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Dibandingkan dengan berdiam diri menahan lapar, berjalan-jalan keluar ruangan disebut para ahli lebih ampuh dalam mengatasi lapar yang terjadi terus-menerus.

Menurut tim peneliti dari Loughborough University, Inggris, berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lebih efektif daripada membatasi makanan untuk mengatasi lapar berlebih. Cara ini juga lebih efektif dalam membantu seseorang membatasi asupan kalori hariannya.

Dalam studi ini, tim merekrut 12 responden wanita. Pada satu kesempatan, mereka diberi diet dengan batasan jumlah sekitar 836 kalori. Setelah diawasi selama 9 jam, malam harinya mereka diberikan makanan prasmanan dan diizinkan untuk makan bebas. Namun tanpa disadari jumlah asupan mereka juga dicatat.

Baca juga: Dokter: Ginjal Butuh Air Putih, Bukan yang Ditambah Zat-zat Lain

Di kesempatan berikutnya, responden diminta untuk melakukan latihan treadmill selama 90 menit dengan intensitas sedang. Latihan ini dirancang untuk membakar sekitar 3.500 kalori. Sama seperti sebelumnya, pada malam harinya mereka juga kembali diberikan makanan prasmanan dan dibebaskan untuk makan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa ketika responden berdiet dan asupan makanannya dibatasi, jika ada kesempatan mereka bisa 'bablas' dan makan malam hingga 944 kalori. Sementara mereka yang melakukan banyak latihan fisik, pada malam harinya hanya makan 660 kalori.

Alasannya, ketika wanita membatasi asupan makanannya, maka kadar hormon ghrelin yang berhubungan dengan nafsu makan justru akan terus meningkat.

"Kami menemukan bahwa olahraga tidak akan membuat Anda lapar berlebihan atau mendorong Anda untuk makan lebih banyak. Jadi langkah ini cukup dianjurkan jika Anda tak ingin lapar terus-menerus," tutur pakar metabolisme dari Loughborough, seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (11/3/2016).

Baca juga: Badan Gemuk Bikin Capek, Hendra 'Nekat' Jalani Bypass Lambung


(ajg/vit)