Selasa, 15 Mar 2016 11:03 WIB

Ibu Hamil Bingung Pilih Menu Makan? Ini Tips Diet Sehatnya per Trimester

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: thinkstock
Jakarta - Selain untuk diri sendiri, saat hamil wanita dianjurkan mengonsumsi makanan bergizi guna memenuhi kebutuhan si janin. Pemilihan menu ini tentu akan lebih baik jika disesuaikan dengan tahapan perkembangan janin.

Menurut pakar gizi Catherine Jeans, saat ini masih banyak informasi simpang siur mengenai diet saat hamil. Kebanyakan wanita masih mengonsumsi makanan dalam porsi dobel untuk memenuhi kebutuhan janin. Padahal yang benar justru tidak demikian.

"Mengonsumsi makanan terlalu banyak dan tak beraturan justru memicu kenaikan berat badan tak sehat bagi ibu dan janin. Makan banyak tapi tak bergizi itu tidak baik bagi ibu hamil," tutur Jeans, seperti dikutip dari Mirror, Selasa (15/3/2016).

Baca juga: Kurang Asupan Vitamin D Saat Hamil, Risiko MS Pada Anak Bisa Meningkat

Nah, berikut asupan yang dianjurkan oleh Jeans bagi ibu hamil sesuai dengan pertumbuhan janin per trimesternya:

Trimester pertama (usia kandungan 1-3 bulan)
- Oat: Asupan penuh nutrisi ini baik untuk menjaga keseimbangan gula darah.
- Asam folat: Biasanya dokter akan memberikan suplemen untuk memenuhi kebutuhan asam folat Anda di trimester awal. Tapi tak ada salahnya Anda juga memperbanyak asupan penuh asam folat dari sayur berwarna hijau seperti bayam, brokoli atau kale.
- Vitamin D: Penuhi juga kebuhan vitamin D pada masa ini untuk membantu janin menyerap kalsium yang dikonsumsi.

Trimester kedua (usia kandungan 4-6 bulan)
- Susu: Pada usia ini, mencukupi kebutuhan vitamin D masih sangat penting mengingat pertumbuhan dan perkembangan tulang janin sedang tinggi-tingginya. Cobalah mengonsumsi susu untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D Anda.
- Brokoli: Konsumsi brokoli untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan magnesium.
- Daging: Zat besi juga sedang banyak dibutuhkan ibu hamil. Tingkatkan asupannya dari daging merah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Trimester ketiga (usia kandungan 7-9 bulan)
- Omega 3: Penting untuk membantu perkembangan otak janin agar menjad lebih sempurna. Misalnya dari ikan tuna atau sarden.
- Zinc/seng: Kekurangan asupan zinc berkaitan dengan peningkatan risiko depresi pasca melahirkan. Oleh sebab itu, memasuki trimester akhir ibu hamil disarankan mengonsumsi asupan kaya zinc seperti daging merah dan biji-bijian.

Baca juga: Begini Kenaikan Berat Badan Saat Hamil yang Sehat Menurut Ahli

(ajg/up)