Asupan Tinggi Protein Seperti Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

ADVERTISEMENT

Asupan Tinggi Protein Seperti Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

Hillariana Ikhlash Devani - detikHealth
Senin, 25 Apr 2016 19:08 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Daging memang memiliki kandungan protein yang tinggi. Tapi jangan salah, untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda tak melulu harus mengandalkan daging lho.

Sebab, ada sumber protein lain selain daging yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Steak memang mengandung protein yang tinggi, hampir 40 gram protein dalam 5 ons sajian, tetapi, coba tengok ikan salmon.

"Jika tuna adalah ayam di lautan, mungkin salmon adalah raja dari sungai. Setiap ons salmon mengandung protein yang sama seperti steak. Salmon juga menyediakan omega-3 yang tinggi tetapi rendah lemak," ujar Patricia Bannan, pakar diet di Los Angeles.

Bannnan juga mengatakan untuk menambah aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan, ada baiknya jika memungkinkan pancinglan salmon itu sendiri. Selain salmon, yoghurt juga mengandung banyak protein lho. Bannan yang juga penulis buku 'Eat Right When Time is Tight' ini mengatakan yoghurt yunani mengandung dua kali jumlah protein per ons.

"Jika semangkuk buah dan yoghurt yunani tidak mudah didapatkan, tambahkan smoothie kacang atau selai kacang untuk meningkatkan protein pada yoghurt," tutur Bannan, dikutip dari Fox News, Senin (25/4/2016).

Seperti diketahui, daging, salmon, dan yoghurt merupakan makanan berprotein tinggi dengan harga yang cukup mahal dan agak sulit didapat. Untuk itu, Bannan menyarankan untuk mengonsumsi telur sebagai makanan tinggi protein yang lain.

Baca JugaTak Disadari, Kegiatan Ini Diam-diam Bisa Bikin Berat Badan Naik

"Tidak harus dimakan mentah. Telur selain murah, juga dapat bertahan lebih lama di lemari es daripada daging dan kandungan proteinnya memang tinggi. Satu butir telur mengandung 7 gram protein dan 75 kalori," ujar Bannan.

Bannan menambahkan mengonsumsi telur juga memberikan nutrisi lain yang penting bagi otak, mata, dan kesehatan tulang. Pilihan makanan lain yang mengandung protein tinggi adalah dendeng. Menurut Bannan, dendeng dengan bahan-bahan alami seperti dari EPIC atau Tanka bar merupakan snack yang mengandung protein tinggi," kata Bannan.

Pentingnya konsumsi protein ini juga disampaikan oleh Katherine Zeratsky seorang ahli diet dari Mayo Clinic. Pada umumnya seseorang yang kekurangan protein saat diet misalnya, tidak mendapatkan serat yang cukup. Akibatnya, kondisi seperti sembelit dan radang usus mungkin terjadi. Tak hanya itu, dalam jangka panjang juga bisa meningkatkan risiko kanker.

Faktanya, The American Heart Association (AHA) tidak merekomendasikan diet tinggi protein untuk menurunakan berat badan, karena mereka yang melakukan diet ini dianggap tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral untuk menghadapi risiko kesehatan yang potensial.

Baca JugaWaspada, Ini Efek Diet Tinggi Protein Terhadap Kesehatan Tubuh

(vit/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT