Rabu, 27 Apr 2016 14:54 WIB

Mau Langsing Pasca Melahirkan? Tetap Boleh Ngemil Kok, Ini Aturannya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat ingin menurunkan berat badan, camilan seringkali dicoret dalam daftar asupan sehari-hari. Di sela waktu makan pun wanita lebih memilih untuk membiarkan perut lapar tanpa mengonsumsi apapun. Faktanya tidak harus seperti demikian kok.

Menurut nutrisionis Leona Victoria Djajadi, ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan tak perlu serta-merta mengurangi satu waktu makan atau waktu camilan demi tubuh langsing. Diet pasca melahirkan bisa dilakukan dengan tetap makan selama 6 kali dalam sehari, yaitu termasuk 3 kali makan besar dan 2 kali ngemil.

"Bangun tidur sarapan dalam satu jam setelah bangun. Lalu morning tea misal dengan susu atau yoghurt, plus buah atau sandwich atau segenggam kismis atau kacang-kacangan," tutur Victoria.

Baca juga: Tak Disadari, Kegiatan Ini Diam-diam Bisa Bikin Berat Badan Naik

Kemudian untuk makan siang, menu yang bisa dipilih adalah nasi, sayur dan lauk pauk berprotein. Demikian juga untuk menu makan malam. Sementara untuk camilan siang dan sore, bisa dipilih salah satu menu camilan saat bangun tidur yang disebutkan Victoria sebelumnya.

Yang pasti, camilan dalam bentuk gorengan atau makanan sebaiknya dihindari. Sebab lemak memiliki kalori hampir dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan karbohidrat dan protein.

"Kita memang seharusnya punya waktu ngemil, yaitu morning tea dan afternoon tea. Jadi camilan itu sendiri juga dimasukan ke dalam jatah makan sehari-hari sehingga terencana mau makan apa. Yang harus dihindari adalah incidental snacking, biasanya berupa gorengan, kerupuk, dan lain-lain," tutur Victoria.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Ciri-ciri Lapar Sungguhan dan Lapar 'Bohongan'


(ajg/vit)
News Feed