Rabu, 25 Mei 2016 13:31 WIB

Begini Caranya Stres Picu Kenaikan Nafsu Makan dan Bikin Bobot Naik

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernahkah Anda merasa nafsu makan tiba-tiba melonjak saat sedang stres lantaran dilanda masalah? Wajar saja, ini karena stres memicu pelepasan hormon yang kemudian mengarah pada peningkatan nafsu makan.

Ya, menurut pakar diet Sally Norton, saat sedang stres sebagian besar orang biasanya akan mencari 'pelampiasan' emosinya. Umumnya pelampiasan yang dipilih adalah makanan, terutama makanan yang manis, berlemak atau asin. Semakin banyak makanan ini dikonsumsi, semakin nyaman orang tersebut.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (25/5/2016), studi menunjukkan bahwa stres tidak hanya memengaruhi pikiran dan kejiwaan seseorang, tapi juga memicu perubahan kimia alias hormonal dalam tubuh. Pada akhirnya dalam jangka panjang perubahan ini berpotensi merusak kesehatan.

Baca juga: Sembarangan Skip Waktu Makan, Ini 4 Efek Jangka Panjangnya Bagi Tubuh

Dalam situasi stres, otak memberikan sinyal bahwa tubuh berada dalam ancaman dan 'membanjirinya' dengan hormon stres seperti adrenalin dan kortisol. Jika stres terus-menerus berlangsung, kadar kortisol yang tinggi tetap stabil di dalam tubuh dan memberitahu kita untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan energi.

Menurut Norton, ini merupakan respons alami otak agar kondisi tubuh secara fisik maupun mental tetap stabil.

"Tak masalah jika dalam kondisi seperti ini orang tersebut kemudian mau melakukan aktivitas fisik. Yang bermasalah adalah jika orang tersebut lantas berdiam diri dan kebanyakan duduk. Maka risikonya obesitas dan kegemukan," papar Norton.

Perlu diketahui juga, selain memicu kenaikan nafsu makan, hormon kortisol juga memengaruhi distribusi lemak ke seluruh tubuh. Tingginya kortisol membuat kontribusi lemak menumpuk di perut. Kondisi ini seperti diketahui dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Baca juga: Patut Dicoba, 6 Cara Alami Detoks Tubuh yang Bisa Dilakukan di Rumah


(ajg/vit)