Selasa, 28 Jun 2016 15:03 WIB

Agar Kulit Buah Aman Dikonsumsi, Jangan Lupa Digosok Saat Mencucinya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebagian jenis buah diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik di bagian kulitnya, sehingga dianjurkan untuk ikut dimakan. Namun jangan lupa, bersihkan dengan tepat agar nutrisinya tetap terjaga.

Menurut pakar gizi Jansen Ongko, MSc, RD, kulit buah memiliki kandungan serat yang tinggi, misalnya pada apel. Sayangnya, banyak orang enggan mengonsumsi kulit apel karena takut ada kandungan lilin yang biasa diberikan supaya apel awet.

"Padahal asalkan dicuci bersih, pestisida atau apapun itu hilang. Yang penting, jangan lupa dicucinya harus benar," tutur Jansen dalam temu media 'Eat a Rainbow oleh Samsung Electronics Indonesia' yang diadakan di TCC Batavia, Jl KH Mas Mansyur, Senin (27/6/2016).

Baca juga: Bikin Kecanduan, Hindari Terlalu Sering Beri Junk Food pada Anak

Cara membersihkan buah yang dianjurkan oleh Jansen adalah dengan mencucinya dengan menggunakan air mengalir. Boleh juga jika Anda memilih untuk menggunakan sabun khusus untuk membersihkan buah dan sayur. Asalkan setelah itu pastikan Anda membilasnya sampai bersih.

"Jangan lupa digosok-gosok kulitnya saat mencuci," pesan nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles ini.

Jika setelah dicuci kulit buah apel masih tampak mengkilat, menurut Jansen Anda tak perlu khawatir. Sebab faktanya, apel sendiri memang mengeluarkan lilin alami dari dalam kulitnya.

Baca juga: Makan Kuning Telur Bikin Gemuk dan Kolesterol Naik? Ini Kata Ahli Gizi


(ajg/vit)