Jika Dilakukan dengan Tepat, Diet Vegetarian Tak Bikin Kekurangan Gizi

ADVERTISEMENT

Jika Dilakukan dengan Tepat, Diet Vegetarian Tak Bikin Kekurangan Gizi

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Jumat, 22 Jul 2016 18:31 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak sedikit orang yang masih ragu untuk menerapkan diet vegetarian, karena dikhawatirkan akan mengalami defisit nutrisi. Padahal menurut pakar, jika dilakukan dengan prinsip yang tepat, vegetarian tak akan membuat Anda kekurangan nutrisi.

Seperti disampaikan oleh Drs Susianto, dr Hendry Widjaja, MARS dan Helda Mailoa, SST Gizi, dalam bukunya yang berjudul 'Diet Enak ala Vegetarian', prinsip dasar pola makan vegetarian sebenarnya sangat mirip dengan pola makan pada umumnya, yang berbeda hanya jenis protein yang dikonsumsi.

"Pada pola makan vegetarian, protein hewani disubstitusi sebagian dengan protein nabati. Disebut substitusi sebagian, karena telur dan susu yang mengandung protein hewani masih dikonsumsi oleh para penganut lacto vegetarian dan lacto-ovo vegetarian," ungkap para penulis, seperti dikutip pada Jumat (22/7/2016).

Baca juga: Mau Coba Hidup Sehat Ala Diet Vegetarian? Kenali Dulu Jenis-jenisnya

Bila dilakukan dengan benar, vegetarian dapat diterapkan mulai pada usia remaja hingga dewasa, tanpa risiko kekurangan nutrisi tertentu. Kuncinya ada pada variasi makanan yang dikonsumsi dan pengaturan nutrisinya.

"Keduanya harus disesuaikan dengan umur dan kondisi tubuh. Misalnya untuk anak-anak dalam masa pubertas, di mana masa pertumbuhannya sedang maksimal, maka asupan protein anak harus ditingkatkan," imbuh penulis.

Beberapa jenis nutrisi yang dikhawatirkan akan defisit jika menerapkan diet vegetarian di antaranya seperti protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B12. Faktanya, tak melulu dari sumber hewani, nutrisi-nutrisi tersebut juga banyak dimiliki oleh sumber nabati, yang bisa dimanfaatkan oleh mereka yang vegetarian.

Baca juga: Jangan Cuma Andalkan Sayur Hijau, Makan 'Pelangi' Jauh Lebih Menyehatkan


(ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT