Mau Mulai Jadi Vegetarian? Jangan Ekstrem, Lakukan Secara Bertahap

ADVERTISEMENT

Mau Mulai Jadi Vegetarian? Jangan Ekstrem, Lakukan Secara Bertahap

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Sabtu, 23 Jul 2016 11:03 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Berniat untuk menerapkan diet vegetarian? Ada beberapa tahapan yang sebaiknya dilakukan. Jika dilakukan secara ekstrem, ada kemungkinan tubuh bisa 'kaget' dengan perubahan pola makan Anda.

Cara ekstrem yang dimaksud adalah dengan langsung hanya mengonsumsi bahan pangan nabati dan menghentikan konsumsi daging, telur, susu dan produk olahannya. Langkah seperti ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan serius, terutama jika orang tersebut memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik.

Menurut buku 'Diet Enak ala Vegetarian' yang ditulis oleh Drs Susianto, dr Hendry Widjaja, MARS dan Helda Mailoa, SST Gizi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang agar bisa menerapkan diet vegetarian dengan bertahap.

Baca juga: Jika Dilakukan dengan Tepat, Diet Vegetarian Tak Bikin Kekurangan Gizi

Pertama, Anda tak perlu langsung benar-benar menghentikan konsumsi daging. Sebaiknya kurangi saja porsinya sedikit demi sedikit. Periode pengurangan ini bisa dilakukan selang waktu pekan ataupun bulan. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dan jangan paksakan tubuh.

"Selanjutnya, kurangi konsumsi daging unggas dan ikan. Tentu saja tahap ini harus diikuti dengan memperbanyak konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah. Ini agar kebutuhan gizi tubuh tetap terpenuhi," ungkap penulis.

Jangan lupa untuk tetap menyelipkan bahan pangan yang mengandung protein pada makanan Anda. Misalnya menjadikan kacang-kacangan sebagai menu camilan di sela waktu makan.

"Penting untuk vegetarian memenuhi kebutuhan cairan, jadi jangan lupa meminum air putih sebanyak 6-8 gelas sehari. Selain untuk menjaga suhu tubuh, air juga berfungsi mengantarkan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh dan melancarkan pencernaan," pesan penulis.

Jika memang Anda memiliki masalah kesehatan yang serius, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi.

Baca juga: Agar Vegetarian Tak Kekurangan Gizi, Begini Aturan Makanannya (ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT