Diajak Makan di Luar Rumah Saat Sedang Program Turun Bobot? Begini Triknya

ADVERTISEMENT

Diajak Makan di Luar Rumah Saat Sedang Program Turun Bobot? Begini Triknya

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Senin, 08 Agu 2016 18:08 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sedang mau turun berat badan dan sudah mengatur pola makan, tiba-tiba ada teman yang mengajak untuk makan di restoran? Tak perlu khawatir, ada trik yang bisa dilakukan agar Anda tak 'tergoda' makan berlebihan.

Jansen Ongko, MSc, RD, menuturkan bahwa pada dasarnya memang sulit menahan godaan saat makan di luar rumah, apalagi jika makan dilakukan bersama teman atau keluarga. Sebab sebagian besar masyarakat umumnya akan memilih untuk mengonsumsi junk food saat makan di luar rumah.

Nah, untuk menghindari penumpukan kalori yang terlalu banyak, ada beberapa trik yang disebutkan oleh Jansen. Dalam bukunya yang berjudul 'Fit Teen's Diary', ia menyebutkan salah satunya adalah minum 1-2 gelas air putih terlebih dahulu sebelum memulai makan.

Baca juga: Junk Food dan Fast Food Itu Tidak Sama, Ini Bedanya

"Lalu mulai dengan makan banyak sayuran dulu, misalnya seperti salad atau capcay, sebelum mengonsumsi menu utama," tulis Jansen.

Saat memilih menu, hindari menu yang diolah dengan cara digoreng. Sebaliknya, pilihlah menu makanan yang pengolahannya dengan cara dipanggang, dipepes atau dikukus.

Akan jauh lebih baik jika Anda bisa memesan satu menu besar untuk berbagi. Sebelum memesan, tanyakan juga besar porsi dan pesanlah porsi kecil apabila Anda hanya makan untuk diri sendiri.

"Hindari sebisa mungkin memakai bumbu tambahan terlalu banyak seperti kecap manis, saus sambal atau mayones, karena umumnya mengandung kalori cukup tinggi," pesan Jansen.

Baca juga: Mau Kurus Harus Setop Minum Air Es? Ini Kata Ahli Gizi (ajg/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT