Jumat, 04 Nov 2016 15:08 WIB

Bagi yang Sedang Program Hamil, Ini Pola Diet yang Dianjurkan untuk Anda

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, pemilihan pola makan dan menu yang tepat tentu menjadi salah satu langkah penting.

Nutrisionus Henrietta Norton menyebutkan bahwa setiap asupan makanan memiliki kandungan unik masing-masing, yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam hal ini tentunya bagi organ-organ yang berkaitan dengan program hamil.

Beberapa studi menyebutkan ada asupan-asupan tertentu yang diyakini dapat memberikan manfaat tersebut, di antaranya yaitu:

1. Siapkan protein di tiap waktu makan

Protein merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk memproduksi hormon serta perkembangan sel-sel sehat. Komponen ini pun menjadi dinilai penting bagi Anda yang sedang menjalani program hamil.

Sumber protein yang dianjurkan termasuk daging unggas, telur, yoghurt, ikan seperti salmon, lentil, kacang-kacangan, biji-bijian, quinoa, dan daging merah.

Jika Anda vegetarian, maka pilihan sumber protein bisa berupa kacang-kacangan, biji-bijian, tahu dan tempe. Beberapa kacang-kacangan tertentu juga merupakan sumber folat yang baik.

2. Konsumsi lemak sehat

Lemak sehat merupakan salah satu asupan yang penting untuk menjaga kesehatan dan kesuburan. Ini karena komponen ini memiliki kemampuan menjaga kestabilan produksi hormon dan pembentukan sel sehat.

Lemak sehat bisa diperolah dari alpukat, minyak biji rami, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan berminyak segar.

Khusus untuk ikan berminyak, batasi konsumsinya maksimal tiga porsi dalam seminggu. Sebab kemungkinan besar ikan-ikan jenis ini mengandung polutan. Nah, polutan ini dikhawatirkan dapat memengaruhi kesuburan jika dikonsumsi dalam jumlah terlampau tinggi.

3. Perbanyak warna-warni sayur dan buah

Mengonsumsi berbagai macam warna buah dan sayur setiap hari diketahui secara alami dapat meningkatkan asupan antioksidan penting dan fitokimia.

Komponen ini diyakini dapat mendukung sistem organ reproduksi, misalnya dari betakaroten pada wortel ubi jalar.

4. Jangan lupa sayur berdaun hijau

Selain konsumsi buah dan sayur berwarna-warni, jangan lupakan juga pentingnya tetap mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Sayuran jenis ini merupakan sumber yang sangat baik dari folat.

Sayuran berdaun hijau juga menyediakan serat untuk pencernaan yang sehat, sehingga membantu mencegah ketidakseimbangan hormon.

Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, sebaiknya olah sayuran dengan cara dikukus. Agar menunya lebih bervariasi, sayuran juga bisa dibuat menjadi jus, sup atau smoothie. (ajg/vit)