Senin, 14 Nov 2016 07:02 WIB

Tambah Rempah-rempah dalam Makanan Bisa Bikin Langsing? Ini Kata Pakar

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Ilustrasi (Foto: iStock)
Jakarta - Untuk membantu menurunkan berat badan, ada cara unik lain yang bisa dilakukan selain diet sehat dan rutin olahraga. Salah satunya disebutkan yakni menambahkan rempah-rempah dalam masakan.

Pakar nutrisi Leona Victoria Djajadi, MND, membenarkan bahwa penggunaan rempah-rempah yang banyak bisa mengurangi berat badan.

Menurutnya, inti penggunaan rempah yang banyak adalah mengurangi penggunaan garam, gula dan bahan buatan lainnya sebagai penyedap masakan. Gula dan garam sendiri diketahui memiliki sifat mengisap air, sehingga air tidak bisa dikeluarkan dari tubuh dan menyebabkan seseorang menjadi 'gemuk air'.

Baca juga: Begini 5 Cara Kerja Air Bantu Turunkan Berat Badan Anda, Masih Malas Minum?

"Gula dan garam juga bisa menaikkan hipertensi, trigliserida dan memperberat kerja ginjal. Secara neurologi, jika kita sudah mendapatkan inti cita rasa dari sebuah makanan, maka kita tidak akan makan berlebihan dengan tujuan mendapatkan kepuasan rasa terus-menerus," tutur Victoria kepada detikHealth.

Keinginan ini biasanya yang tanpa disadari membuat orang makan kerupuk maupun keripik secara berlebihan. "Iya karena kurangnya input rasa dan nutrisi sehingga tubuh terus menyuruh kita makan, supaya inputnya terpuaskan," imbuhnya.

Pakar lulusan University of Sydney ini menjelaskan setiap rempah mempunyai tujuannya masing-masing, sehingga tidak ada yang khusus dibuat untuk menurunkan berat badan.

"Kalau saya sendiri percaya dengan racikan jamu tradisional, yang memang biasanya terbuat dari rempah-rempah untuk menurunkan berat badan ataupun saat sakit tenggorokan," terang Victoria.

Baca juga: Kata Pakar, Ini Menu Sarapan Terbaik Bagi Anda yang Ingin Langsing (ajg/vit)