Rabu, 16 Nov 2016 15:31 WIB

Terungkap! Ini Cara Terbaik Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Setelah hamil dan melahirkan, salah satu masalah yang dihadapi para wanita adalah berat badan yang tak bisa turun kembali. Nah, apakah Anda salah satunya?

Jika ya, maka Anda perlu tahu, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membantu mengembalikan bentuk badan kembali langsing pasca melahirkan. Salah satunya adalah mencukupi waktu tidur.

Ya, usahakan untuk tetap memiliki waktu tidur yang cukup pasca melahirkan. Pada dasarnya, tidur cukup merupakan salah satu langkah penting menurunkan berat badan karena memengaruhi kadar hormon pengatur nafsu makan, leptin dan ghrelin.

Baca juga: Studi: Ngidam Makin Dituruti, Kenaikan Bobot Ibu Hamil Cenderung Berlebihan

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa membuat produksi hormon-hormon ini menjadi tak seimbang. Bila Anda kurang tidur, kadar leptin menjadi rendah dan membuat Anda menjadi makan lebih banyak kalori. Sebaliknya, kadar ghrelin juga menjadi berlebihan dan membuat tubuh berpikir Anda sedang lapar. Tanpa disadari, Anda pun akan menjadi makan lebih banyak.

Sediakan juga waktu untuk bergerak dan berolahraga lebih banyak. Tak perlu langsung bergabung ke gym, Anda bisa memulainya dengan berjalan kaki di sekitar rumah selama 20-30 menit per hari. Anda juga bisa memanfaatkan waktu melakukan pekerjaan rumah untuk berolahraga.

Cara lain yang tak kalah penting adalah perhatikan pola makan. Meskipun kini Anda memasuki fase menyusui, bukan berarti lantas Anda harus makan dengan porsi dua kali lipat.

"Akan jauh lebih baik jika Anda lebih memerhatikan pemilihan porsi dan menu makanan, serta perhatikan kandungan nutrisinya. Jika memungkinkan, memasak sendiri juga lebih baik dibanding membeli makanan yang sudah jadi," tutur nutrisionis May Simpkin, seperti dikutip dari Daily Mail. (ajg/up)