Rabu, 23 Nov 2016 09:03 WIB

Perut Justru Terasa Tidak Nyaman Setelah Sarapan, Kenapa Ya?

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Beberapa orang memilih tidak sarapan karena justru perutnya terasa tidak nyaman. Sebenarnya, apa yang menyebabkan hal ini?

Menurut ketua umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Hardinsyah MS, PhD, hal tersebut merupakan efek dari pola hidup yang tidak sehat. Perut merasa tidak nyaman ketika sarapan itu bukan masalah pada pencernaan. Buktinya, kata Prof Hardinsyah, mereka (orang yang tidak nyaman sarapan) bisa makan siang.

Artinya, mereka harus diberi konsultasi karena memiliki gaya hidup tidak sehat. Lebih lanjut, Prof Hardinsyah mengatakan orang seperti itu perlu introspeksi diri mengapa sarapan membuat perut mereka tidak nyaman.

"Mungkin karena orang itu suka tidur malam lalu bangun telat jadinya tubuh nggak fresh dan nggak bisa serapan buru-buru kan," sambung Prof Hardinsyah dalam acara BelVita Breakfast 'Wholesome and Balanced Breakfast fot Productive On-the-Go Lifestyle' di Satoo Garden, Shangri-La Hotel, Jl Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, (22/11/2016).

Baca juga: 5 Alasan Orang Tidak Mau Sarapan

Prof Hardinsyah juga mengatakan sarapan sebenarnya mendidik seseorang menjalankan pola hidup sehat. Seseorang yang melakukan sarapan diminta untuk bangun pada pagi hari dan itu merupakan bagian pola hidup sehat.

"Tapi pada beberapa orang berbeda ya, ada orang yang tidur malam karena baru dapat inspirasi untuk mengerjakan tugasnya pada malam hari. Hal itu tidak masalah, yang penting tidur yang cukup 7 sampai 9 jam," imbuh Prof Hardinsyah.

Soal waktu sarapan, beberapa waktu lalu dr Titi Sekarindah, MS, SpGK dari RS Pusat Pertamina mengatakan sarapan dapat dilakukan setengah jam atau satu jam setelah bangun dari tidur. Waktu tersebut cukup ideal karena saat bangun tidur tingkat gula dalam tubuh menurun.

Baca juga: Studi Sebut Cara Simpel Ini Ampuh Bikin Perut Kenyang Lebih Lama (rdn/vit)