ADVERTISEMENT

Selasa, 10 Jan 2017 13:02 WIB

Konsumsi Kelapa Bisa Bantu Turunkan Bobot? Ini Kata Pakar

Radian Nyi Sukmasari - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kelapa bisa jadi bahan makanan favorit sebagian orang. Mulai dari air, daging, bahkan santannya bisa dikonsumsi. Nah, bicara soal kelapa benarkah buah ini bisa membantu menurunkan berat badan?

Terkait hal ini, Lisa Cohn, RD, konsultan miVIP Surgery Centers mengatakan ditilik dari kandungannya, kelapa memang bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Lemak yang ada di kelapa dikatakan Cohn merupakan trigliserida rantai menengah yang memicu rasa kenyang.

"Ditambah lagi kelapa mengandung gula sebagai sumber energi dan lemak yang bisa dicerna perlahan. Dengan begitu, kelapa dapat memberi Anda sumber energi yang tahan lama sehingga bisa mencegah rasa lapar dan menjaga kadar gula darah lebih stabil," kata Cohn kepada Women's Health.

Untuk itu, Cohn merekomendasikan untuk menambah daging kelapa segar dalam jus atau smoothies. Atau, coconut flakes dalam sereal, salad, atau beberapa hidangan. Lebih lanjut, Cohn menjelaskan bahwa kelapa mengandung karbohidrat rendah. Dalam satu sendok makan coconut flakes disebutkan hanya terkandung 3,5 gram karbohidrat.

Meski demikian, dalam mengonsumsi kelapa Anda pun harus hati-hati. Dikatakan pakar gizi Toby Amidor, RD, meski rendah karbohidrat, kelapa termasuk sumber makanan tinggi kalori dengan banyaknya kandungan lemak jenuh.

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Air Kelapa Murni Itu Menyehatkan

"Jika Anda ingin menambahkan kelapa dalam menu diet, ambil 10 persen dari kebutuhan kalori Anda. Misal kebutuhan Anda 1.600 kalori, maka penuhi 160 kalori dari kelapa," tutur Amidor.

Dalam sehari, Amidor merekomendasikan konsumsi satu sendok makan minyak kelapa dan dua sendok makan coconut flakes tanpa pemanis. Jika hendak menggunakan santan, konsumsi maksimal satu cangkir per hari, tanpa pemanis. Soal kandungan lemak pada kelapa, Susan Bowerman RD mengatakan lemak di kelapa agak berbeda dengan lemak di bahan makanan alami lain.

Trigliserida rantai menengah pada kelapa membuat proses metabolismenya berbeda seperti lemak berantai panjang di minyak zaitun atau daging. Kemudian, lemak dalam kelapa disebutkan Bowerman tidak bisa disimpan di jaringan lemak dan otomatis digunakan sebagai energi.

Konsumsi Kelapa Bisa Bantu Turunkan Bobot? Ini Kata PakarFoto: ilustrasi/thinkstock


"Secara teoritis, ini bisa membantu menurunkan berat badan, Meski, belum ada studi klinis yang membuktikan bahwa konsumsi kelapa bisa menyebabkan penurunan berat badan," kata Bowerman.

Ia menambahkan, dikonsumsi dalam jumlah sedikit kelapa bisa bermanfaat untuk penurunan bobot. Tapi, akan sia-sia ketika Anda sudah memasukkan kelapa dalam menu diet tetapi makanan dan minuman yang diasup tidak sehat.

Baca juga: Air Kelapa Muda untuk Melawan Penyakit

(rdn/vit)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT