Selasa, 24 Jan 2017 17:12 WIB

Manfaatkan Sendok Teh, Wanita Ini Sukses Turunkan Bobot 53 Kg

Ajeng Anastasia Kinanti - detikHealth
Foto ilustrasi: Instagram
Aarhus, Denmark - Mathilde Broberg (21) mengaku hobi makan dan jarang berolahraga sejak kecil. Hal inilah yang membuat berat badannya terus naik hingga akhirnya mencapai angka 120 kg, saat usianya masih belia.

Makanan favoritnya saat itu tak jauh dari camilan seperti keripik kentang, cokelat, dan kue. Ia juga sangat menyukai makan mi dan junk food. Dengan tubuh gemuknya ini, Broberg kerap menjadi bahan ejekan teman-teman di sekitarnya.

Bukan cuma itu, ia juga sering mendapatkan masalah. Salah satunya adalah saat ia berniat ingin bermain rollercoaster. Broberg ditolak dan dilarang naik wahana tersebut karena dirinya dianggap terlalu berat dan tak akan muat duduk di kursi rollercoaster.

"Setelah itu saya melihat-lihat foto saya di sekolah, betapa terkejutnya saya saat melihat tubuh saya sendiri. Saya benar-benar tampak besar. Saya langsung berniat ingin berubah karena saya tidak mau kuliah dengan penampilan seperti itu," tutur Broberg, dikutip dari News.com.au.

Manfaatkan Sendok Teh, Wanita Ini Sukses Turunkan Bobot 53 KgFoto: Instagram


Perubahan pertama yang ia lakukan demi punya tubuh yang lebih langsing adalah mengatur porsi makan. Broberg berupaya untuk membatasi porsi makannya agar tak lebih dari ukuran kepalan tangannya sendiri. Selain itu ia juga memanfaatkan sendok teh untuk makan.

Menurut wanita yang kini aktif menjadi personal trainer sekaligus model ini, makan dengan menggunakan sendok teh membuatnya makan lebih perlahan dan ia merasa lebih cepat kenyang. Secara bertahap, ia juga melakukan olahraga rutin sekaligus latihan angkat beban untuk mengencangkan tubuh dan otot-ototnya, demikian dikutip dari Daily Mail.

Setelah berhasil menurunkan berat badan hingga 50 kg lebih, Broberg mengakui bahwa dirinya harus menghadapi masalah baru yakni kulit menggelambir di sekujur tubuhnya. Selain berolahraga, ia juga melakukan operasi untuk mengatasi masalah tersebut.

Manfaatkan Sendok Teh, Wanita Ini Sukses Turunkan Bobot 53 KgFoto: Instagram


Dalam situs pribadinya, www.mathildebroberg.dk, Broberg menuliskan pentingnya mencintai diri sendiri dengan memberikan tubuh asupan dan kebiasaan yang sehat. Ia juga menuturkan bahwa dalam menurunkan berat badan, dibutuhkan niat dan komitmen, terutama pada 14 hari pertama. Waktu inilah yang sering membuat orang menyerah saat ingin menurunkan berat badan.

Tips lain dari Broberg untuk menurunkan berat badan:
- Makanlah dari piring berukuran kecil
- Potong atau suwir makanan Anda menjadi potongan kecil
- Buatlah makanan sedemikian rupa agar terlihat banyak dan memenuhi piring Anda
- Berikan bumbu alami pada makanan Anda agar terasa lebih enak. Makanan enak akan membuat Anda lebih cepat kenyang

"Tiap orang punya usaha dan hasil yang berbeda-beda, kamu tidak harus membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Yakinkan bahwa kamu bisa memiliki hasil yang terbaik," pesan Broberg, yang kini bobotnya stabil di angka 64-67 kg. (ajg/vit)